Raih 1 Juta Pengguna Aktif Harian, Baca Ekspansi ke Brasil

Raih 1 Juta Pengguna Aktif Harian, Baca Ekspansi ke Brasil

Aplikasi Baca (Foto: Ist)

ADA banyak cara untuk tetap update dan mengetahui perkembangan berita terbaru, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pembaca berita.  

Salah satu aplikasi agregator berita di Indonesia, Baca, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka mendapat pendanaan Seri B dari Bertelsmann Asia Investment (BAI), Crystal Stream, dan CC Zhuang. Walaupun Jimmy Sie, COO Baca, tidak menyebutkan secara pasti nominal pendanaan tersebut, namun ia memastikan kalau nilainya melebihi angka US$20 juta atau sekitar Rp263 miliar.

Saat ini, Baca mengklaim telah mempunyai satu juta pengguna aktif harian di Indonesia. Setiap harinya, aplikasi ini bisa mengumpulkan antara 20 ribu sampai 25 ribu artikel, yang berasal dari 500 media.

Tidak hanya sekadar mengumpulkan berita, aplikasi ini juga menganalisis berita-berita yang sering dibaca oleh setiap pengguna mereka, untuk kemudian menghadirkan berita lain yang sesuai dengan minat pengguna tersebut.

Seperti yang dipaparkan oleh Jimmy, seiring semakin banyaknya pengguna aktif harian, Baca melakukan monetisasi dengan iklan yang dipasang di bagian akhir berita. Selain itu, aplikasi ini kini tengah memfokuskan diri untuk berekspansi ke luar Indonesia.

“Negara pertama yang kami pilih adalah Brazil, dan sekarang kami telah mempunyai satu juta pengguna yang aktif menggunakan aplikasi kami setiap harinya di negara tersebut. Setelah itu, kami juga akan berusaha menjangkau negara-negara lainnya,” tutur Jimmy.

Demi menjangkau semakin banyak pembaca dan bersaing dengan aplikasi agregator lainnya di Indonesia, seperti BaBe dan Kurio, Baca kini sedang merancang dan mengasah strateginya. Jimmy menambahkan bahwa untuk menjangkau lebih banyak pengguna, Baca mempersiapkan strategi promosi baik secara online maupun offline.

Di sisi lain, Baca juga memiliki kelebihan. Misalnya, pengguna tidak perlu melakukan login, serta kuota internet yang dihabiskan saat membaca sebuah berita pun lebih sedikit.

(hth)
Berita Rekomendasi Baca

Baca Juga

Trik Berburu <i>Sparepart</i> Motor Tanpa Beranjak dari Kursi Anda

Trik Berburu Sparepart Motor Tanpa Beranjak dari Kursi Anda