Ini Bedanya Cara Penyajian Kopi Arab dengan Kopi Turki

Ini Bedanya Cara Penyajian Kopi Arab dengan Kopi Turki

Kopi arab berbeda cara penyajian dengan kopi turki (Foto: Arabamerica)

KOPI jadi satu bagian penting dalam tradisi dan budaya kuliner Timur Tengah. Berbeda dengan banyak tempat yang juga menyuguhkan menu minuman kopi, masyarakat Timur Tengah punya cara sendiri saat menyuguhkan kopi.

Di Timur Tengah, kopi arab dikenal dengan sebutan ahwa. Dilansir dari MidEastFood, berikut dua cara populer yang biasa digunakan untuk membuat kopi di Timur Tengah.

Kopi Turki

Kopi turki dibuat dengan menggunakan metode yang disebut Levant. Kopi turki dibuat tanpa filter. Biji kopi yang sudah di-roasting kemudian digiling hingga halus, biasanya teksturnya seperti bubuk kakao. Kopi biasanya direbus juga bersama gula dan kapulaga dalam panci yang disebut cezve atau ibrik. Yang menjadi ciri khas adalah kopi selalu dimasak bersama gula, bukan dicampurkan setelah kopi akan disajikan. Kopi disajikan dalam cangkir kecil dan diaduk sebentar sesaat akan disajikan.

Kopi Arab

Kopi arab biasa disebut al-qahwa dan terbuat dari biji kopi yang dipanggang dan dihaluskan. Kemudian kopi dimasak bersama campuran rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh atau kunyit. Kopi biasanya disajikan sepanjang proses makan.

Minuman ini disajikan dalam panci khusus yang disebut dallah dan disajikan dalam cangkir kecil bernama fenjan. Biasanya kopi arab diminum bersama makanan pendamping seperti kacang-kacangan atau buah kering.

(ndr)

Baca Juga

<i>Bikin Ngakak</i>, saat Lebaran Ini Meme-Meme Kue Lebaran yang Kerap Muncul

Bikin Ngakak, saat Lebaran Ini Meme-Meme Kue Lebaran yang Kerap Muncul