Jelang Haji, Makkah Tambah 24 Ribu Kamar Hotel Baru

Jelang Haji, Makkah Tambah 24 Ribu Kamar Hotel Baru

Ibadah Haji (Foto: Okezone)

SEMAKIN tahun, kunjungan wisatawan ke Arab Saudi berhaji semakin meningkat. Hal ini membuat Makkah membangun 24 ribu kamar hotel.

Jamaah Umrah dan Haji yang terus naik setiap tahun membuat Makkah pariwisata Arab Saudi ikut meningkat.

Hingga kini, sebanyak 24.133 kamar hotel tengah dibangun sebagai penunjang akomodasi para jamaah.

Arab Saudi mencatat kunjungan wisatawan internasional pada tahun 2000 adalah 6,5 juta. Angka ini meningkat menjadi 18 juta 14 tahun kemudian.

Sementara pada 2025 mendatang, jumlah jamaah haji diperkirakan mencapai angka 17 juta. Jamaah haji adalah wisatawan terbanyak bagi Arab Saudi hingga saat ini.

Dilansir Ttnworldwide, Kamis (4/8/2016) menurut data statistik terbaru kawasan Timur Tengah, Arab Saudi tengah membangun 35.770 kamar di 81 hotel.

Dengan 24.133 di antaranya berada di kota Makkah. Menyusul Arab Saudi, ada Uni Emirat Arab yang membangun 26.989 di 93 hotel.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menuturkan, jumlah wisatawan yang melakukan umrah tahun ini bisa mencapai 7 juta.

Jamaah umrah terbanyak datang dari Mesir dengan 1,2 juta orang, kemudian 900 ribu dari Pakistan dan 655 ribu dari Indonesia.

Umrah sendiri berbeda dengan haji dan bisa dilakukan sepanjang tahun. Oleh karenanya, jamaah umrah tahun ini masih bisa bertambah hingga akhir tahun.

Para pemimpin Arab Saudi pun mengatakan bahwa pariwisata memainkan epran penting dalam PDB (Produk Domestik Bruto) Arab Saudi setelah minyak. Pemerintah pun terus mendorong Makkah dan Madinah untuk menyambut wisatawan haji setiap tahun.

(jjs)

Baca Juga

Lebaran Topat, Tradisi Idul Fitri Khas Lombok

Lebaran Topat, Tradisi Idul Fitri Khas Lombok