5 Destinasi Spesial yang Wajib Dikunjungi saat Naik Haji

5 Destinasi Spesial yang Wajib Dikunjungi saat Naik Haji

Masjidil Haram Makkah menjadi tempat wajib dikunjungi selama ibadah haji (Foto: Shutterstock)

KOTA suci Makkah memang dikenal sebagai tempat ibadah haji seluruh umat Islam di dunia. Namun, ada banyak destinasi spesial yang dapat dikunjungi bagi wisatawan yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Dilansir Usatoday, Kamis 4 Agustus 2016, berikut lima destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan maupun jamaah haji saat berada di Makkah.

Masjidil Haram

Grand Mosque atau dikenal sebagai Masjid Al Haram, merupakan masjid terbesar di dunia. Masjid ini dapat menampung 1,2 juta jamaah dalam satu waktu. Masjidil Haram memiliki sumber air zamzam yang diyakini merupakan air suci bagi umat Islam. Di tempat ini, wisatawan yang tidak melaksanakan ibadah haji juga dapat melihat Kakbah secara langsung, namun mereka harus meminta bantuan terlebih dahulu kepada salah satu perusahaan tur haji.

Pabrik Al Kiswah

Kiswah merupakan kain sutra hitam dengan aksen bordir benang emas, bertuliskan kaligrafi Alquran. Kain ini yang digunakan sebagai tirai Kakbah. Pada akhir ibadah haji, kiswah akan dipotong-potong dalam ukuran kecil untuk diberikan kepada para jamaah haji sebagai kenang-kenangan. Di pabrik kiswah ini, para wisatawan dapat melihat bagaimana pembuatan tirai Kakbah yang megah itu. Pasalnya, hanya orang-orang terpilih yang diperbolehkan menjahit kaligrafi emas dalam kain sutra tersebut. Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan harus meminta izin Pemerintah Arab Saudi.

Gunung Thawr

Gunung Thawr merupakan salah satu tempat yang paling bersejarah bagi umat Islam. Di gunung ini, terdapat sebuah gua yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk bersembunyi bersama ketiga sahabatnya saat melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah. Untuk mengunjungi gunung ini, wisatawan tidak perlu menggunakan bantuan travel agent.

Gunung Al Nour

Di ujung Timur Makkah, terdapat sebuah gunung bernama Al Nour Mountain. ‘Al Nour’ yang berarti ‘cahaya’. Di tempat tersebut, terdapat Gua Hira’a yang sering menjadi tempat ibadah Nabi Muhammad SAW. Di gua ini pula, Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu pertama dari Allah melalui Malaikat Jibril.

Masjid Al Jaaranah

Masjid Al Jaraanah merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW mempersiapkan diri sebelum melakukan ibadah haji di Kota Makkah. Di masjid ini terdapat dua sumur air minum yang disebut ‘Prophet’s well’. Selain itu, banyaknya pohon kurma yang rindang semakin menambah keasrian Masjid Al Jaraanah.

(tty)

Baca Juga

Lebaran Topat, Tradisi Idul Fitri Khas Lombok

Lebaran Topat, Tradisi Idul Fitri Khas Lombok