Inilah Panduan Nyaman Pergi Haji

Inilah Panduan Nyaman Pergi Haji

Pergi haji dengan nyaman (Foto: Shutterstock)

PERGI haji tentu memerlukan persiapan yang matang. Pasalnya, Anda akan berada di Arab Saudi setidaknya satu bulan.

Agar nyaman dan tidak merepotkan diri serta orang lain, ada beberapa barang yang harus Anda bawa. Barang-barang ini dijamin akan membuat Anda nyaman dan tak perlu khawatir selama berhaji.

Berikut ini enam tips nyaman pergi haji dilansir dari Alarabiya, Jumat (5/8/2016):

Tetap terhidrasi

Cuaca yang panas di Arab Saudi membuat tubuh Anda harus tetap terhidrasi. Perbanyak minum air putih supaya dapat memperbaiki sistem tubuh Anda dengan cepat selama melakukan proses haji.

Bawa sajadah pribadi

Membawa sajadah pribadi tentu adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Selain Anda sangat membutuhkannya saat beribadah, memakai sajadah pribadi juga mencegah penyebaran kuman dari orang lain.

Tisu basah

Proses haji memungkinkan Anda bergerak dari satu tempat ke tempat lain dan berhimpitan dengan jutaan jamaah lain. Oleh karenanya, sangat penting menjaga tangan untuk tetap bersih dengan tisu basah.

Pakai masker

Kuman atau bakteri bisa dengan mudah menyebar melalui udara. Apalagi jika Anda berhadapan dengan jutaan jamaah lain. Untuk menghindari risiko tertular langsung, Anda bisa tetap mengenakan masker.

Minum madu

Menjaga kondisi tubuh tetap prima selama berhaji juga harus dipikirkan. Anda bisa meminum madu untuk membuat tubuh lebih berenergi dan antimikroba alami.

Minyak oregano

Gunakan minyak oregano dengan dosis harian hingga 2-3 tetes untuk mensterilkan tubuh dan melindungi terhadap mikroba yang langsung masuk dalam sistem pernapasan. Hal ini akan membuat Anda nyaman dan tak perlu khawatir selama berhaji.

(tty)

Baca Juga

SHARE LOC: 3 Bukit yang Harus Dikunjungi saat Mudik ke Lahat

SHARE LOC: 3 Bukit yang Harus Dikunjungi saat Mudik ke Lahat