Beli Tiket Kereta Api Online, Traveling jadi Lebih Praktis dan Menyenangkan!

Beli Tiket Kereta Api Online, Traveling jadi Lebih Praktis dan Menyenangkan!

Traveling lebih praktis dengan beli tiket kereta online (Foto: rockthenextstage)

SAAT melihat kereta api lewat di perlintasan, apa yang terbayang dalam benak Anda? Mungkin selintas kenangan masa kecil saat bepergian naik kereta api bersama keluarga akan muncul. Momen bepergian dengan kereta api bersama keluarga dan orang tercinta memang menyenangkan. Kini bahkan Anda bisa melakukannya dengan lebih mudah dan praktis tanpa harus antre di loket, cukup dengan beli tiket kereta api online

Namun melakukan perjalanan dengan transportasi apa pun, termasuk kereta api, kadang tak semulus perkiraan Anda. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya perjalanan dengan kereta api menjadi nyaman dan menyenangkan.

1. Pesan Sejak Jauh Sebelum Keberangkatan

Salah satu hal yang membuat hati tentang sebelum bepergian adalah saat tiket sudah berada di tangan. Pastikan Anda sudah memesan tiket kereta jauh sebelum tanggal keberangkatan. Asyiknya, hidup Anda kini lebih mudah karena tiket dapat dipesan H-90 sebelum keberangkatan dengan cara membeli tiket kereta api online di Tokopedia.

2. Pilih Waktu Tepat

Waktu yang tepat di sini adalah menghindari peak season yang biasanya merupakan musim liburan akhir dan awal tahun, serta liburan panjang sekolah. Tiket akan susah didapat dan harganya pun melonjak naik. Kecuali Anda sudah lebih dulu memesan tiket kereta api online sejak jauh-jauh  hari, ya.

3. Kelas yang Mana?

Ini tentunya terkait dengan kebutuhan dan kenyamanan selama perjalanan. Setelah tahu berapa bujet yang akan dikeluarkan, cek kelas kereta api yang sesuai kantung Anda. Untuk tingkat harga tertinggi ke rendah adalah kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Di kelas eksekutif, Anda akan menikmati duduk nyaman di reclining seat seperti kursi mobil. Satu deret terdiri dari dua kursi empuk yang dipisahkan sandaran tangan, dilengkapi sandaran kaki, selimut, bantal, serta AC yang bisa diatur masing-masing. Di kelas bisnis dan ekonomi sandaran kursi tidak bisa dimiringkan. Namun di kelas binis, kursi untuk 2 orang bisa diputar menjadi berhadapan dengan deret di depan atau belakang Anda, sementara di kelas ekonomi kursi terasa sedikit lebih keras dan tidak bisa diubah arah hadapnya. Bawalah jaket dengan capuchon jika Anda tak tahan dingin karena gerbong menggunakan AC central, kecuali Anda berniat menyewa selimut.

4. Pertimbangkan Waktu

Anda punya pilihan untuk menentukan lama perjalanan. Pilih kelas eksekutif jika ingin cepat sampai karena tidak semua stasiun disinggahi oleh kereta eksekutif. Kereta lain pun harus mengalah untuk mendahulukan kereta eksekutif lewat. Sementara jika Anda tak bermasalah dengan lama perjalanan, kelas bisnis dan ekonomi cukup memadai.

5. Jangan Lupa Bawa Kartu Identitas

Di peron depan Anda akan diminta menunjukkan tiket dan kartu identitas sesuai nama yang tertera di tiket. Jadi pastikan jangan lupa bawa KTP atau SIM.

6. Bawa Bekal

Jika Anda akan cukup lama di dalam kereta api, bawalah bekal makanan dan minuman. Nasi, roti, atau cemilan akan sangat bermanfaat untuk perjalanan yang jauh. Namun bagi Anda yang tidak membawa bekal, langkahkan kaki ke gerbong restorasi yang sudah menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Jika Anda hanya sendirian, jangan lupa bawa serta tas berisi barang berharga saat ingin makan di gerbong restorasi.

Selamat menikmati perjalanan menyenangkan dengan kereta api!

(hth)

Baca Juga

Trik Berburu <i>Sparepart</i> Motor Tanpa Beranjak dari Kursi Anda

Trik Berburu Sparepart Motor Tanpa Beranjak dari Kursi Anda