3 Tips Menjaga Kebiasaan Makan Selama di Tanah Suci

3 Tips Menjaga Kebiasaan Makan Selama di Tanah Suci

Tips menjaga kebiasaan makan selama di Tanah Suci (Foto: Google)

MENUNAIKAN ibadah haji perlu persiapan matang. Tak hanya iman, mental dan fisik, hal-hal kecil seputar apa yang baik dikonsumsi juga harus diperhatikan agar tidak mengganggu perjalanan ibadah Anda.

Berikut tipsnya, seperti disarikan dari Puskeshaji.depkes, Selasa (23/8/2016).

Kebersihan makanan dan minuman

Perjalanan berjam-jam dengan suhu terik di sana pasti membuat tubuh cepat haus dan lemas. Dalam kondisi ini, perlu asupan yang tepat guna menghidrasi tubuh.

Konsumsi makanan bernutrisi dan minum air yang cukup adalah pilihan tepat. Namun perlu diingat, perhatikan kebersihan makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi.

Sangat tidak disarankan jika Anda mengonsumsi air keran atau air mentah. Pasalnya khawatir dalam minuman atau makanan yang Anda santap mengandung banyak mikroorganisme merugikan.

Hindari restoran atau tempat makan yang terlihat kumuh

Tak ada salahnya untuk menghindari makan di tempat yang terlihat kumuh. Mengintip sejenak restoran yang hendak dituju, lalu cuci tangan dengan sabun merupakan hal mutlak yang perlu dilakukan sebelum bersantap.

Periksa kembali makanan yang Anda pesan. Siapa tahu makanan tersebut sudah dihangatkan berulang, sehingga nutrisinya hilang, bahkan tidak nikmat jika disantap. Atau kemungkinan terburuk, makanan itu malah sudah basi dan segera tukar dengan yang baru.

Jangan menyimpan jatah makanan

Jika di Tanah Suci mendapat jatah makanan hangat dan segar, segera konsumsi. Jangan disimpan atau dimakan terlalu lama. Selain rasanya tidak enak lagi, khawatir makanan lebih cepat basi.

(ndr)

Baca Juga

<i>Makyus</i>, Begini Bancakan Nasi Liwet ala Artis Seksi Shinta Bachir & Teman-Teman

Makyus, Begini Bancakan Nasi Liwet ala Artis Seksi Shinta Bachir & Teman-Teman