Destinasi Wisata Wajib saat ke Arab Saudi

Destinasi Wisata Wajib saat ke Arab Saudi

Madain Saleh di Arab Saudi (Foto: Lonelyplanet)

MADAIN Saleh menjadi tempat yang patut dikunjungi ketika ke Arab Saudi. Madain Saleh memiliki keindahan yang dibalut sejarah.

Obyek wisata ini telah berdiri sejak ribuan tahun lalu dan merupakan peninggalan dari Kaum Tsamud pada masa Nabi Saleh. Kaun Tsamud memang dikenal memiliki keahlian memahat.

Itulah sebabnya Madain Saleh dipenuhi dengan pahatan-pahatan menakjubkan seperti Petra di Yordania.

Pahatan-pahatan di tempat ini bisa dilihat dari tembok, menara, dan beberapa saluran air. Bahkan, Madain Saleh telah dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Madain Saleh terletak di 440 kilometer utara Madinah dan memiliki 131 kamar makam. Makam-makam yang ada, menggabungkan unsur arsitektur Yunani-Roma dengan Nabatea dan Babilonia.

Untuk memulai petualangan di Madain Saleh, travellers bisa memulainya dari Qasr Al Saneh. Karena di sini tersimpan banyak elemen penting arsitektur penguburan, mulai dari fasad tanpa hiasa, dua motif lima langkah di bagian atas, ruang pemakaman dengan interior sederhana dan rak untuk rakyat, serta prasasti yang ada di depan pintu.

Kemudian travellers bisa berpindah ke Al Diwan untuk melihat arsitektur ruangan dengan tembok kokoh.

Berbeda dengan Qasr Al Saneh, Al Diwan diyakini pernah digunakan sebagai ruangan untuk melakukan pesta sakral Kaum Tsamud.

Dari Al Diwan, beranjaklah ke Qasr Al Bint atau istana putri yang terdiri dari deretan fasad indah. Dari sini travellers bisa melihat dua makam utama yang terawat dengan baik.

Kemudian ada Qasr Farid di sebelah selatan yang merupakan makam terbesar dan paling menakjubkan.

Sementara itu, ada batu besar bernama Ekma yang dipercaya sebagai tempat Nabi Saleh mendapatkan unta saat Kaum Tsamud menantangnya memperlihatkan mukjizatnya.

Di samping itu, batu Ekma memiliki beberapa prasasti yang menarik. Para arkeolog juga yakin bahwa batu ini merupakan jendela untuk melihat masa lalu Madain Saleh. Demikian dilansir Lonelyplanet, Senin (22/8/2016).

(jjs)

Baca Juga

Lebaran Topat, Tradisi Idul Fitri Khas Lombok

Lebaran Topat, Tradisi Idul Fitri Khas Lombok