Tips Pilih Mesin Cuci Hemat Listrik dan Tahan Lama

Tips Pilih Mesin Cuci Hemat Listrik dan Tahan Lama

Bijak memilih mesin cuci yang hemat listrik dan tahan lama (Foto: mrright.in)

SEBAGAI bagian dari masyarakat urban, ada barang elektronik yang juga tak bisa lepas dari kehidupan Anda selain smartphone: Mesin cuci!

Barang rumah tangga yang satu ini pasti sudah melekat dalam keseharian Anda. Terutama karena mesin cuci membuat kegiatan cuci mencuci menjadi lebih mudah dan ringan. Bayangkan saja kalau Anda masih harus merendam baju kotor, menggosok baju di papan cuci, dan memeras cucian sekuat tenaga sebelum dijemur. Tentu menguras waktu dan tenaga.

Nah, dari sekian banyak pilihan mesin cuci, Anda pasti ingin memilih yang hemat listrik dan tahan lama. Sebenarnya tak sulit, Anda hanya perlu lebih jeli dan memerhatikan tiga hal yang dapat memengaruhi konsumsi listrik pada mesin cuci.

1. Jenis dan kapasitas mesin cuci

Ada tiga macam jenis mesin cuci yang beredar di pasaran, yaitu Twin Tub (2 tabung), Top Loading (bukaan atas) dan Front Loading (bukaan depan). Semakin canggih dan semakin tinggi kapasitas pencucian, tentunya kebutuhan listriknya pun semakin besar.

2. Fitur air panas

Fitur air atau uap panas akan membuat pakaian tetap higienis selama proses pencucian. Di sisi lain, hal ini juga membuat konsumsi listrik menjadi semakin tinggi.

3. Jenis program pencucian

Setiap jenis mesin cuci memiliki program pencucian yang berbeda-beda. Mesin cuci jenis front loading biasanya yang paling lengkap. Pada mesin cuci ini, program pencucian sudah diatur secara otomatis untuk kebutuhan waktu dan air dalam satu kali proses pencucian. Ini tentu lebih hemat, mengingat program pencucian yang membutuhkan waktu lebih panjang akan membutuhkan aliran listrik lebih lama dan konsumsi listrik lebih besar.

LG Washing Machine 6 Motion Inverter Direct Drive

Dengan memerhatikan tiga hal tersebut, Anda membutuhkan mesin cuci yang memiliki teknologi inovatif. Seperti halnya teknologi Inverter Direct Drive pada koleksi terbaru LG Washing Machine 6 Motion Inverter Direct Drive.

Teknologi canggih ini memungkinkan kompresor dapat bekerja secara optimal dan menekan penggunaan listrik. Selain itu, mesin cuci ini juga dilengkapi dengan fitur TurboWash yang merupakan cara LG memperpendek waktu pencucian dengan memodifikasi urutan kerja mesin cucinya.

Fitur TurboWash ini memang istimewa. Bila pada mesin cuci pada umumnya urutan kerja biasanya diawali dari proses pengisian air dalam tabung, memasukkan detergen yang dilanjutkan dengan berputarnya tabung cuci, tidak demikian halnya opsi pencucian dengan fitur TurboWash. Pada mesin cuci terbaru LG ini, seluruh proses tersebut dilakukan bersamaan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mencuci dapat dipangkas hingga menjadi 59 menit. Kebutuhan waktu yang lebih cepat untuk menyelesaikan pencucian, selain irit listrik juga menekan kebutuhan air hingga 40 persen lebih hemat.

Selain hemat listrik, Anda juga pasti ingin memiliki mesin cuci yang awet pakai. Bekali diri dengan tiga tips berikut supaya mesin cuci lebih tahan lama.

  1. Letakkan mesin cuci di tempat yang kering dan rata
  2. Lakukan pembersihan tabung melalui aktivasi fitur TubClean yang terdapat pada mesin cuci LG
  3. Setiap selesai melakukan proses pencucian, hendaknya tabung langsung dikeringkan dengan lap bersih dan diangin-anginkan. Biarkan pintu mesin cuci dibuka sementara waktu hingga kurang lebih 10 menit.

Bicara tentang tahan lama, LG  Washing Machine 6 Motion Inverter Direct Drive yang dilengkapi dengan teknologi Inverter Direct Drive dapat membuat kompresor bekerja lebih optimal dan awet. Ini berkat kemampuannya dalam menggerakkan drum langsung tanpa perantara karet penghubung. Tak hanya itu, LG bahkan juga memberikan jaminan ketahanan kompresor hingga 10 tahun dan meminimalisir bunyi dari motor penggerak mesin cuci.

Teknologi LG Washing Machine 6 Motion Inverter Direct Drive inilah jawaban yang selama ini Anda cari.

(hth)

Baca Juga

Tips Cantik Alami dengan Kandungan Bedak yang Aman

Tips Cantik Alami dengan Kandungan Bedak yang Aman