Tren Wisata Halal, Jakarta Kini Lebih Moslem Friendly

Tren Wisata Halal, Jakarta Kini Lebih Moslem Friendly

Kota Jakarta (Foto: Okezone)

SELAIN Lombok, Sumatera Barat dan Aceh, Jakarta dan Jawa Barat juga menjadi target pengembangan wisata halal.

Menurut Riyanto Sofyan, selaku Ketua Tim Percepatan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata, Jakarta akan tetap berkembang dengan mengembangkan Moslem friendly.

“Jakarta masuk lima besar daerah yang menjadi target pengembangan wisata halal. Dengan mengembangkan Moslem friendly, Jakarta akan tetap berkembang,” tutur Riyanto Sofyan kepada Okezone, usai acara sosialisasi pemasaran pariwisata mancanegara pada media nasional, yang mengusung tema “Wisata Halal Sebagai Unggulan Pariwisata Indonesia,” di TheSantosa Villas& Resort, Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu malam 24 Agustus 2016.

Riyanto mengamati, bahwa realitas di Jakarta saat ini sudah banyak mal-mal yang mempunyai musala yang baik. Bahkan ada yang seperti masjid.

“Di sini ada kebutuhan Muslim. Selain berbelanja, pengunjung mal diberikan kemudahan untuk beribadah,” jelasnya.

Tidak berhenti di situ, kata Riyanto, Jakarta juga sudah banyak ditemukan restoran-restoran bersertifikat halal. Termasuk pula restoran berstandar internasional.

“Pengelola restoran sudah tahu, langkah ini bisa memperluas pasar. Para pembeli jadi tidak ragu makan. Selain itu, Jakarta juga menjadi destinasi shopping paling lengkap. Ini menjadi peluang besar, karena 90 persen wisata Muslim suka shopping. Saya lihat, Jakarta tidak dibina, sudah jalan sendiri, karena memang ini ada pasarnya,” tutup Riyanto.

(jjs)

Baca Juga

Tips <i>Travelling</i> Menggunakan Mobil Pribadi

Tips Travelling Menggunakan Mobil Pribadi