Anak Punya Hobi Terpendam, Yuk Moms Ajarkan Jadi Entrepreneur

Anak Punya Hobi Terpendam, Yuk Moms Ajarkan Jadi Entrepreneur

Pola asuh (Foto: Startupist)

SIAPA bilang anak belum pantas punya penghasilan sendiri? Meski dunia mereka masih seputar bermain dan belajar, anak sudah bisa lho didorong untuk menciptakan penghasilan.

Psikolog Anak dan Keluarga, Elizabeth Santosa mengatakan, anak sudah bisa dikenalkan dengan karya atau produk yang bisa dipasarkan. Caranya adalah dengan mengenali apa kesukaan dia.

“Jelilah menjadi orangtua untuk tahu apa yang disukai anak. Misalnya, mereka suka melukis, merajut, atau membuat produk tertentu, seperti slime yang sekarang sedang disenangi anak-anak,” kata Liza saat dihubungi Okezone, Rabu (21/9/2016).

Wanita lulusan Universitas Tarumanegara ini menambahkan, produk-produk yang disukai anak bisa menjadi sesuatu yang bisa diproduksi lebih banyak oleh si anak sendiri.

“Setelah anak sangat suka membuat produk yang mereka gemari, di situ saatnya orangtua memunculkan ide kepada anak untuk dijual,” sambungnya.

Misalnya, “Dek, gimana kalau slime atau lukisannya ditawarin ke teman-teman, sipa tahu temannya suka dan mau beli,” ungkapnya mencontohkan.

Setelah itu barulah dijual, jadi si anak punya penghasilan sendiri. Mereka pun mulai mengenal dunia usaha. Perhatikan, bahwa yang dijual anak adalah kreativitasnya bukan mencari uang semata.

(vin)

Baca Juga

Jujur seperti Ini jika Ingin Cepat Dilamar Kekasih

Jujur seperti Ini jika Ingin Cepat Dilamar Kekasih