Sebelum Menjadikan Anak Entrepreneur, Pelajari Dulu Ini

Sebelum Menjadikan Anak Entrepreneur, Pelajari Dulu Ini

Pola asuh (Foto: Joshfelber)

MELIHAT kesuksesan pengusaha mengendalikan perusahaan, membawahi anak buah, dan mengambil kebijakan, membuat orangtua ingin anak-anak mereka nanti menciptakan lapangan kerja, bukan bekerja dengan orang lain.

Oleh sebab itu, sejak kecil orangtua mencoba mangarahkan anak menyukai dunia usaha. Seperti mengajarkan berjualan atau menghitung untung atau rugi.

Namun, menurut Psikolog Anak dan Keluarga, Elizabeth Santosa memaksa anak menjadi yang orangtua ingin, meskipun itu baik seperti halnya menjadi entrepreneur tidak baik sedikit pun untuk anak.

“Kalau anak dipaksa, maka dia akan tertekan dan tidak nyaman menjalani apa yang orangtua inginkan,” ungkap Elizabeth kepada Okezone dalam wawancara lewat sambungan telefon, Rabu (21/9/2016).

Wanita lulusan Universitas Tarumanegara ini menekankan hal yang perlu diketahui orangtua adalah anak-anak berhak memilih masa depannya. Mengajarkan anak menjadi entrepreneur bukan semata-mata melihat profit, benefit, atau yang berkaitan dengan uang.

“Tetapi, bagaimana mengajarkan mereka mengembangkan diri. Misalnya berhubungan dengan orang lain, menjadi pemimpin, dan memupuk daya tahan diri. Sebab, untuk menjadi pengusaha diperlukan daya tahan tinggi,” tuntasnya.

(vin)

Baca Juga

Bekerja seperti Ini Membuat Seseorang Lebih Cepat Sukses

Bekerja seperti Ini Membuat Seseorang Lebih Cepat Sukses