Orangtua Kasar, Terima Nasib Anak Menjadi seperti Ini!

Orangtua Kasar, Terima Nasib Anak Menjadi seperti Ini!

Pola asuh (Foto: Wholeparent)

KEINGINAN orangtua menjadikan anak pemberani, tidak manja, dan tangguh, membuat ayah dan ibu membuat konsep mendidik keras. Tetapi, arti keras sering diaktualisasikan berbeda.

Orangtua yang ingin menerapkan pola didik keras, justru malah memperlakukan anak secara kasar. Misalnya, mengeluarkan kata-kata cacian, memukul, atau memanggil anak dengan julukan buruk. Ketika anak yang diharapkan menjadi penurut, pemberani, dan tidak manja, malah membuahkan hasil jauh dari harapan.

Liza Marielly Djaprie selaku Psikolog Klinis Anak menjelaskan, anak-anak yang dididik secara kasar, akan tumbuh menjadi pribadi kasar dan keras. Baik di lingkungan keluarga maupun pergaulan.

“Anak jadi manantang. Karena dia mencontoh orangtuanya. Kalau soal kata-kata yang diungkap orangtua itu sudah otomatis langsung diserap anak. Orangtua ngomong ''kebun binatang'', anak juga,” ungkap Liza kepada Okezone, belum lama ini.

Di lingkungan pergaulan, anak menjadi agresif. Wanita lulusan Universitas Indonesia ini mencontohkan, anak bersaing tidak sportif, dia curang, menyerang teman, baik secara verbal atau fisik.

“Untuk mengatasi masalah anak yang sudah seperti ini sangat sulit. Apalagi kalau orangtuanya tidak sadar, tidak mengakui, dan tidak mau berubah. Diberi tahu orang lain juga belum tentu mereka sadar,” terangnya lebih lanjut.

Ada kecenderungan, orangtua menganggap bahwa dirinya benar. Tidak ingin orang lain ikut campur masalah keluarga mereka. Orangtua berpikir urusan anaknya, biarlah dia yang mengurus, orang lain tidak tahu apa-apa.

(vin)

Baca Juga

Jujur seperti Ini jika Ingin Cepat Dilamar Kekasih

Jujur seperti Ini jika Ingin Cepat Dilamar Kekasih