Moms, Ini Lho Tips Merawat Wajan Anti-Lengket

Moms, Ini Lho Tips Merawat Wajan Anti-Lengket

Tips merawat wajan anti-lengket (Foto: Ist)

KEHADIRAN wajan anti-lengket seolah jadi angin segar bagi mereka yang gemar memasak. Alasan utamanya karena wajan anti-lengket punya segudang kemudahan ketika meramu hidangan.

Misalnya saja karena sifat anti-lengket wajan ini yang membuatnya lebih mudah dibersihkan. Lalu mengurangi pemakaian minyak dan tidak membutuhkan waktu lama dalam memasak.

Namun perlu diingat, wajan anti-lengket sejatinya lebih sensitif dan butuh perlakuan khusus ketika merawatnya. Sebab, wajan anti-lengket punya lapisan yang jika sudah rusak, kemungkinan besar dapat meracuni makanan yang diolah.

Karena itu simak tips merawat wajan anti-lengket berikut ini, sebagaimana dikutip dari buku 124 Tips, karya Windya Novita, Rabu (21/9/2016).

Gunakan pada api kecil

Wajan anti-lengket seharusnya digunakan pada api kecil. Perlu diketahui, wajan jenis ini punya sifat penghantar panas yang cukup baik, sehingga tak perlu panas api berlebih yang bisa membuat besi pada bagian bawah wajan cepat gosong.

Hindari pemakaian spatula stainless

Penggunaan spatula stainless dapat membuat wajan jadi lebih mudah tergores dan berkurang kualitasnya. Lebih baik gunakan spatula dari kayu atau silikon food grade.

Mencucinya dengan benar

Saat mencuci wajan anti-lengket harus diperhatikan tata cara yang benar. Seperti cuci ketika wajan anti-lengket sudah dalam keadaan dingin. Lalu hindari penggunaan abu gosok atau sikat kasar ketika mencucinya. Gunakan sabun dan gosok perlahan dengan spons lembut adalah cara yang tepat.

(ren)

Baca Juga

FOTO: Imut dan Menggemaskannya Minion <i>Icy Pops</i>!

FOTO: Imut dan Menggemaskannya Minion Icy Pops!