Dua Bahan Ini Bisa Bikin Tekstur Krim Lebih Kokoh

Dua Bahan Ini Bisa Bikin Tekstur Krim Lebih Kokoh

Agar tekstur kue terlihat kokoh (Foto: Taste)

JIKA Anda suka membuat kue pasti tidak asing dengan penggunaan krim, apalagi jika yang dibuat adalah kue-kue asal Eropa. Tapi pernahkah kesal karena krim yang digunakan cepat mencair dan merusak tekstur serta tampilan kue cantik Anda? Untuk menyiasatinya, ada trik yang bisa dilakukan.

Krim khususnya whipping cream memang tidak tahan pada suhu panas, ia harus selalu ada di suhu dingin agar teksturnya terjaga. Tapi ada cara untuk menyiasati krim yang terlalu cepat mencair. Pastry Chef Talita Setyadi memberikan tips dan triknya.

Ditemui di bilangan Prapanca, Jakarta Selatan, perempuan yang akrab disapa Chef Talita ini mengatakan ada bahan yang bisa digunakan untuk membuat tekstur krim menjadi lebih kokoh. “Tambahkan 10 persen gula bubuk, ini membuat teksturnya lebih kokoh dan strukturnya lebih terjaga,” kata Chef Talita kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Selain gula bubuk, ada juga bahan yang membuat tekstur krim lebih kokoh yakni gelatine atau stabilizer. “Krim yang sudah jadi enggak akan bisa bertahan lama, sehari harus langsung dipakai. Tapi kalau pakai gelatine atau stabilizer bisa kuat berhari-hari tapi tetap warnanya akan berubah karena oksidasi. Belum lagi pinggir krim akan berkulit,” jelas Chef Talita.

Sementara untuk krim yang sudah dikocok kemudian mencair, dikatakan Chef Talita masih bisa digunakan tetapi harus dikocok lagi. “Mencair saat disimpan masih bisa dikocok lagi tapi kalau sudah berair, ada lapisan yang terpisah itu harus dibuang karena bahaya kalau dikonsumsi. Kualitasnya sudah rusak,” pungkas perempuan yang mendalami ilmu pastry di Perancis ini.

(ren)

Baca Juga

Camilan Spesial Akhir Pekan: Klepon Pelangi

Camilan Spesial Akhir Pekan: Klepon Pelangi