Renovasi Tempat Bersejarah, Turki Habiskan 3 Tahun

Renovasi Tempat Bersejarah, Turki Habiskan 3 Tahun

Tempat bersejarah di Turki (Foto: Lonelyplanet)

PEMERINTAH Turki saat ini tengah disibukkan oleh aktivitas penggalian sebuah peninggalan kuno, yang diperkirakan telah berumur 2200 tahun.

Salah seorang arkeolog ternama, Professo Celal Simsek, menjelaskan bahwa penemuan ini terletak di Laodikia, di Provinsi Denizli, Turki.

"Laodikia adalah kota metropolis besar dan memiliki dua buah teater kuno," katanya kepada sebuah media lokal.

Dilansir Lonelyplanet, Rabu (21/9/2016), Simsek mengatakan, kegiatan yang tengah dilakukan pemerintah Turki saat ini tengah berfokus pada teater kuno di bagian barat atau biasa disebut Hellenistic. Teater ini memiliki diameter seluas 94 meter dan bisa menampung 15 ribu orang.

Menurut Simsek, prasasti yang ditemukan di bagian utara, adalah bukti bahwa telah terjadi sebuah kegiatan perdagangan penting yang diadakan di kawasan ini pada zaman kuno dulu.

"Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa entitas yang mirip dengan Uni Eropa, sudah ada di negeri ini sejak 1800 tahun yang lalum" tegasnya.

Penggalian ini juga berlangsung di sebuah kuil seluas 35 ribu meter persegi, yang hancur pada masa pemerintahan Constantine the Great.

Kedua teater dan kuil tersebut terkubur akibat gempa bumi yang terjadi pada abad ke lima. Pihak pemerintah Turki menargetkan bahwa teater kuno ini sudah dapat dikunjungi wisatawan pada 2019 mendatang.

Selain itu, Simsek juga berharap untuk menambahkan Laodikia ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO, untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk mengunjungi Turki.

(jjs)

Baca Juga

Ini Alasan Mengapa Maskapai Penerbangan Berwarna Putih!

Ini Alasan Mengapa Maskapai Penerbangan Berwarna Putih!