Jangan Anggap Sepele Pertengkaran Orangtua di Depan Anak

Jangan Anggap Sepele Pertengkaran Orangtua di Depan Anak

Ilustrasi pertengkaran orangtua (Foto: Coparently)

PERTENGKARAN antara orangtua depan anak jangan dianggap sepele. Sebab, tak ada satu pun anak di dunia ini yang suka melihat orangtuanya bertengkar.

Psikolog Anak Dr. Rose Mini A.P., M.Psi., mengatakan, pertengkaran orangtua di depan anak akan menimbulkan persepsi. Mereka belum tentu berpersepsi biasa saja.

“Sebenarnya yang namanya bertengkar antara suami-istri itu tidak boleh. Apalagi di depan anak. Walau bagaimanapun di mata anak, orangtua adalah role model,” ujar Rose Mini kepada Okezone, Kamis (22/9/2016).

Wanita yang akrab disapa Bunda Romi ini kemudian menuturkan, anak-anak yang melihat orangtuanya berseteru akan mengalami dampak traumatik.

“Mereka mungkin tidak bisa bertanya apa yang terjadi di antara orangtuanya, tetapi anak akan merasa tidak nyaman berada di rumah,” paparnya lebih lanjut.

Selain tidak nyaman, psikolog dari Universitas Indonesia ini juga memberi gambaran ringkas tentang efek yang dialami anak, mereka juga bisa tidak konsentrasi belajar, secara emosional terganggu, merasakan kecemasan di rumah.

(vin)

Baca Juga

5 Keunggulan <i>Working Mom</i> di Kantor

5 Keunggulan Working Mom di Kantor