Sejak Usia Berapa Anak Boleh Diajarkan Berwirausaha?

Sejak Usia Berapa Anak Boleh Diajarkan Berwirausaha?

Pola asuh (Foto: Oaklandcountyprosper)

ANAK perlu diajarkan berwirausaha, meski cita-cita mereka bukan menjadi entrepreneur. Sebab, dasar pemikiran wirausaha yang didapat anak bukan tentang untung-rugi.

Elizabeth Santosa selaku Psikolog Anak dan Keluarga mengatakan, mind set tentang wirausaha yang bisa ditanamkan pada anak adalah belajar mandiri. Artinya, mereka bisa menciptakan penghasilan dari usaha mereka sendiri bukan meminta atau bergantung pada orang lain.

“Sejak TK anak sudah boleh diajarkan berwirausaha. Mungkin kalau masih TK masih terkendala kelancaran berbicara karena masih cadel,” kata Elizabeth kepada Okezone, belum lama ini.

Psikolog lulusan Universitas Tarumanegara ini pun menyarankan sebaiknya orangtua mendampingi untuk membantu kelancaran memasarkan produk kreasinya.

“Orangtua bisa memotivasi anak agar lebih giat menciptakan produk dengan mengatakan bahwa kreasi anak akan dipasarkan kepada teman-temannya. Misalnya, anak membuat kipas dengan menempel kayu bekas es krim dengan kertas kemudian dihias warna-warni,” celoteh Elizabeth mencontohkan.

Biarkan anak melewati proses mendapatkan sesuatu dengan usaha, tenaga, dan menahan marah. Karena belajar berwirausaha itu memberi pengalaman bagi anak.

(vin)

Baca Juga

<i>Yuks Moms</i>, Sesekali Latih Anak Hal Ekstrem Ini

Yuks Moms, Sesekali Latih Anak Hal Ekstrem Ini