Ternyata, Bukan Trauma yang Bikin Pria Tunda Pernikahan

Ternyata, Bukan Trauma yang Bikin Pria Tunda Pernikahan

Ilustrasi telat menikah (Foto: Shutterstock)

BICARA soal usia pernikahan, ada perbedaan antara pria dengan wanita. Bila wanita semakin matang usianya dengan karier yang menjulang, maka kian sulit mendapat pasangan. Sebab, kebanyakan pria tak ingin kariernya dikalahkan dan akan memilih wanita muda.

Sementara pria, semakin besar angka usianya dan diikuti dengan kesuksesan karier, maka semakin mudah bagi pria memilih wanita. Bahkan, wanitalah justru yang mendekat ke pria-pria mapan tersebut untuk dinikahi.

Tetapi, ketika pria berusia matang (sudah pantas menikah) dengan karier mampuni belum juga menikah, apa yang menjadi penyebabnya? Apakah karena trauma?

Psikolog Keluarga Roslina Verauli, M.Psi., menyangkal bahwa trauma tidak bisa dijadikan alasan seseorang menunda pernikahan. Apalagi bagi mereka yang sudah berusia matang.

“Alasannya lebih ke situasi dan pilihan. Pria-pria itu memilih untuk tidak menikah dulu karena merasa belum ingin,” ungkap Vera kepada Okezone, belum lama ini.

Lebih spesifik lagi, psikolog lulusan Universitas Indonesia menjelaskan, ada hal-hal yang didapat dalam pernikahan sudah diperoleh meski dia tidak menikah.

“Belum menikah kan bukan berarti tidak punya hubungan dengan siapa pun. Bisa saja dia punya pacar atau menjalin pertemanan dekat dekan wanita. Tetapi belum ingin ada ikatan karena masih ada yang ingin dicapai, seperti karier,” tukas Vera.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY 5: 30 Menit Menentukan Pasutri Makin Romantis

TOP FAMILY 5: 30 Menit Menentukan Pasutri Makin Romantis