Harusnya seperti Ini Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Menurut Islam

Harusnya seperti Ini Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Menurut Islam

Peran ayah dalam Islam (Foto: Alameenpost)

PERAN seorang ayah dalam kehidupan seorang anak perempuan sangat besar. Seorang ayah adalah kontak pertama seorang anak perempuan dengan lawan jenis.

Karenanya, ayah dan anak perempuan harus mempunyai hubungan yang kuat, ayah adalah contoh sekaligus pelindung dan anak perempuan memang wajib dilindungi. Dalam Islam ,hubungan ayah dan anak perempuan sesungguhnya telah diatur, berikut beberapa cara menguatkan hubungan di antara keduanya sebagaimana dilansir MuslimVillage, Jumat (23/9/2016).

Dedikasikan waktu khusus

Di tengah kesibukan mencari nafkah, ayah harus menyempatkan waktu khusus untuk hanya berdua bersama. Begitu pun dengan anak perempuan, jangan segan dan menolak jika seorang ayah meminta untuk ditemani.

Seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dengan anaknya, Fatimah, ketika berkeluarga kediaman Fatimah bersebelahan dengan ayahnya agar selalu berdekatan.

Anak harus mencintai dan menghormati ayah mereka

Ketika seorang anak patuh kepada orangtua maka itu akan melunakkan hati orangtuanya. Tak hanya kepada ibu, seorang anak perempuan juga harus menyayangi ayahnya dengan melayani dengan homat dan penuh kasih sayang sesuai sunnah.

Kembali lagi, Fatima RA sangat melayani ayahnya dan memenuhi kebutuhan ayahnya yang begitu banyak sehingga dia disebut ibu dari ayahnya.

Ayah harus meletakkan kebahagiaan putrinya sebelum urusan pribadi

Rasulullah SAW tak pernah ragu untuk memberitahukan semua orang bahwa apa yang menjadi kebahagiaan anak perempuannya adalah kebahagiaannya pula. Begitu juga dengan kesedihan anak perempuan maka itu adalah kesedihan dan kemarahannya.

(vin)
tipsramadan

Baca Juga

Karyawan Jenuh dengan Pekerjaan? Hal Ini yang Paling Dibutuhkannya!

Karyawan Jenuh dengan Pekerjaan? Hal Ini yang Paling Dibutuhkannya!