Bertengkar di Depan Anak, Hati-Hati akan Ditiru seperti Ini

Bertengkar di Depan Anak, Hati-Hati akan Ditiru seperti Ini

Ilustrasi pertengkaran orangtua (Foto: Womansday)

PERTENGKARAN orangtua di rumah dan disaksikan anak bukan berarti tak ada dampak apa pun. Selain sedih, anak merasakan dampak buruk dari perkelahian orangtua.

Psikolog Anak, Sani B. Hermawan mengatakan, ada tiga dampak terburuk yang terjadi pada anak ketika melihat langsung pertikaian orangtua mereka. Berikut penuturan psikolog lulusan Universitas Indonesia itu kepada Okezone, Kamis (22/9/2016).

Mencontoh

Mengikuti apa yang dilakukan orangtua. Orangtua berkata kasar dan kotor, anak juga akan seperti itu. Orangtua ‘main tangan’, anak bisa pukul-pukulan dengan teman, saudara, bahkan orangtuanya sendiri. Kalau orangtua membanting-banting barang, anak juga berpotensi mencari pelampiasan merusak barang kalau sedang kesal.

Bingung

Anak tidak memahami apa yang terjadi dengan orangtua mereka. Anak kebingungan, meraba-raba masalah karena tidak ada penjelasan dari orangtua. Mau bertanya juga anak tidak takut.

Emosian

Menjadi mudah marah, tersinggung, dan terpancing emosi. Anak menjadi agresif di luar rumah. Sikap itu muncul sebagai bentuk ekspresi karena merasa tertekan di rumah akibat pertengkaran orangtua.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY 5: Seperti Ini Pentingnya Pasutri Bermesraan dalam Pernikahan

TOP FAMILY 5: Seperti Ini Pentingnya Pasutri Bermesraan dalam Pernikahan