Dukung Sail Karimata 2016, Luhut Panjaitan Kerahkan Kapal Perang

Dukung Sail Karimata 2016, Luhut Panjaitan Kerahkan Kapal Perang

Sail Karimata 2016 (Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

DALAM rangka mendukung kegiatan Sail Karimata 2016, TNI Angkatan Laut kembali mengerahkan puluhan kapal perangnya.

Kegiatan ini bertajuk Ekspedisi Nusantara Jaya 2016, yang meliputi Satuan Tugas Surya Bhaskara Jaya (SBJ LXV) dengan menggunakan KRI Makassar-590 dan Satuan Tugas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantsra) ke-VI menggunakan KRI Surabaya 591.

Ekspedisi ini bertujuan untuk mendukung demo pada acara Puncak Sail Selat Karimata, yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober mendatang di Pantai P.Datok Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Secara keseluruhan, TNI AL akan melibatkan 15 kapal perang, 7 pesawat udara serta 2000 personil TNI Angkatan Laut.

Pemberangkatan Satgas Sail Selat Karimata 2016 dilepas secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, dari dermaga JICT Tanjung Priok.

Dalam sambutannya, Luhut menyampaikan bahwa, event bertaraf internasional ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari.

"Event ini menjadi momentum yang tepat untuk memajukan wisata bahari di tanah air, agar kawasan Karimata menjadi destinasi utama wisata," tutur Luhut dalam pidatonya, di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/9/2016).

Selain itu, Sail Selat Karimata 2016 juga diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Saya berharap masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil terdepan, dapat merasakan manfaat yang besar dari event ini," pungkas pria berdarah batak itu.

Selain melibatkan personel TNI Angkatan Laut, Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 juga diramaikan oleh ratusan mahasiswa/i Indonesia yang berasal dari beberapa kampus ternama, seperti ITB, UI, IPB, STP Trisakti, serta beberapa sekolah pariwisata.

(jjs)

Baca Juga

Landmark Terkenal Ini Ternyata Mengecewakan Wisatawan

Landmark Terkenal Ini Ternyata Mengecewakan Wisatawan