Kemenko Maritim Bicara Terumbu Karang di Nusa Penida Dirusak!

Kemenko Maritim Bicara Terumbu Karang di Nusa Penida Dirusak!

Terumbu karang di Bali dirusak (Foto: Facebook)

PERUSAKAN terumbu karang sejumlah penyelam Tiongkok kini menjadi sorotan utama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI.

Dalam sejumlah foto yang beredar di media sosial, aksi perusakan terumbu karang ini, dilakukan dalam bentuk coretan nama-nama khas Tiongkok seperti, Miya dan Phey Lym.

Kejadian tersebut terjadi di salah satu spot diving ternama di kawasan Nusa Penida, Bali, yakni Toyopakeh.

Hal tersebut mendapat respons keras dari Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin.

“Saya pikir ditempat apa pun, yang namanya vandalisme itu sangat dilarang keras. Oleh karena itu, kami akan lakukan lebih banyak lagi pengawasan serta menindak tegas orang-orang yang kedapatan melakukan hal itu,” tuturnya kepada Okezone di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/9/2016).

Sejumlah tindakan pencegahan telah direncanakan oleh Kemenko Maritim untuk mengantisipasi hal serupa di masa yang akan datang.

Menurut Safri, pemicu utama terjadinya aksi vandalisme, disebabkan oleh tidak maksimalnya pengawasan dan informasi yang ditujukan kepada para wisatawan.

“Di beberapa tempat wisata, papan informasi masih banyak yang menggunakan Bahasa Indonesia. Kedepannya akan kami sediakan dalam sejumlah bahasa dunia, seperti Inggris, Mandarin, hingga Jepang,” pungkas Safri.

Papan informasi ini dinilai penting, sebagai elemen pertama yang akan mengingatkan para wisatawan untuk tetap menjaga perilakunya, selama berada di kawasan wisata alam Indonesia.

(jjs)

Baca Juga

Pemandangan di Pegunungan Rainier Bak Lukisan

Pemandangan di Pegunungan Rainier Bak Lukisan