Yuk, Intip Persiapan Sail Karimata 2016 di Kalimantan Barat

Yuk, Intip Persiapan Sail Karimata 2016 di Kalimantan Barat

Sail Karimata (Foto: Camcope)

Bupati Kayong Utara Provinsi Kalbar, Hildi Hamid mengatakan Mentri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Panjaitan secara resmi telah melepas kontingen Saka Bahari Nasional untuk mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantra) ke VI dalam Sail Karimata tahun 2016 yang akan di laksanakan di Pantai Pulau Datuk Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

Kegiatan dipadati oleh peserta Pramuka Saka Bahari Kontingen Seluruh Indonesia dengan jumlah peserta pelantara sebanyak 676 orang dan terdiri dari 23 Kwarda se-Indonesia.

Diawali dengan yel-yel Sail Selat Karimata oleh seluruh peserta upacara, Luhut juga melepas Satuan tugas operasi Surya Baskara Jaya yang akan melakukan bakti sosial di Kecamatan Teluk Batang Kayong Utara.

Bakti sosial kesehatan meliputi operasi bedah minor, katarak dan bibir sumbing. Menko Maritim menyampaikan kegiatan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah Indonesia memperkenalkan kepada pelajar dan pemuda tentang luasnya Negara bahari Indonesia.

"Selain ikut serta mensukseskan Sail Selat Karimata yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara," jelasnya, Kamis (22/9/2016)

Kegiatan pelantara VI pada sail Selat Karimata mengambil tema Satyaku Kudarmakan Dharmaku Kubaktikan dengan rute pelayaran Jakarta, Pulau Bangka, Pulau Bintan, Pulau Sekatung, Tanjung Datu, Pontianak dan acara puncak di Desa Sukadana Kayong Utara dan kembali ke Jakarta pada 17 Oktober 2016 mendatang

Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus menambahkan untuk kesiapan Sail Karimata telah mencapai 95 persen.

“Kesiapan sudah 95 persen, Event Organizer juga sudah mulai memasang tenda di lokasi acara,” ungkapnya.

(jjs)

Baca Juga

Alasan Terkuat Mengapa Berwisata ke Raja Ampat Mahal!

Alasan Terkuat Mengapa Berwisata ke Raja Ampat Mahal!