Seru! Jajal Snowboard di Mount Buller Australia

Seru! Jajal Snowboard di Mount Buller Australia

Okezone menjajal indahnya salju di Mount Buller Australia (Foto: Santi Andriani/Okezone)

ADA satu tempat di Australia memiliki area salju sesungguhnya, dialah Mount Buller. Jika kamu, baru kali pertama kesana. Yuk, intip tempatnya.

Dengan memiliki pemandangan yang indah serta dilengkapi udara yang dingin dengan suhu tiga derajat Celcius membuat kesan pertama dirasakan seakan ingin berlama ria berada di Mount Buller ini. Belum lagi, tiga jam perjalanan dari Kota Melbourne.

Berada di Mount Buller, ada satu permainan yang bisa kamu coba. Dialah snowboard. Sekilas memang permainan ini mirip skateboard, hanya saja snowboard tak memiliki roda. Bahkan, tingkat bahayanya jauh lebih ringan. Pasalnya, bila kamu terjatuh maka jutaan salju yang akan dirasakan oleh kamu ketika jatuh.

Beruntung, Okezone bisa mencoba permainan yang ternama di negeri Kangguru. Bahkan, ada satu guide yang mengajarkan Okezone bagaimana bermain snowboard dengan benar. Namanya, adalah Dani.

Dalam mencoba permainan ini, tentu yang pertama adalah menghilangkan rasa takut. Jika rasa takut masih menghantui, ada baiknya jangan memberanikan bermain snowboard.

Dengan dituntun oleh instruktur atau guide tersebut secara 15 menit. Barulah, Okezone memberanikan diri untuk menjajalnya. Benar saja, rasa deg-degan mendominasi di hati. Apalagi, saat instruktur tak lagi memegangi tubuh untuk dituntun. Terlebih, ini menjadi pengalaman pertama buat Okezone.

Oh, iya. Guna bisa bermain snowboard maka kamu wajib menggunakan peralatan sesungguhnya, ya terkecuali bila kamu memang sudah mahir. Peralatan seperti jaket, sepatu boot, sarung tangan menjadi persyaratan yang wajib dipenuhi untuk bisa bermain snowboard.

Semua perlengkapan berada lengkap di Ski & Snowboard School. Di dalam gedung, kamu harus berganti sepatu khusus yang akan melekat di papan snowboard, penggunaan papan snowboard pun disesuaikan dengan tinggi dan berat badan kamu. Ini belum termasuk helm.

Jangan heran, ya peralatan yang harus kamu gunakan ini memiliki bobot berat yang lumayan. Tujuannya ketika kamu terjatuh tak membuat tubuh mudah cedera. Latihan pertama adalah berjalan senyaman mungkin dengan papan snowboard di tangan.

Tak ada pengarahan terlebih dahulu. Karena bagi instruktur Dani, kekhawatiran sesungguhnya adalah saat di tempat sesungguhnya.

Setelah saling berkenalan, Dani meminta kami membentuk lingkaran sedang. Pertama, dirinya memberi tahu bagaimana menaruh papan snowboard yang benar di atas salju yakni dengan posisi alas sepatu berada di bawah dan posisi agak miring. Ini agar papan tidak meluncur tiba-tiba jika posisi bagian licin ada di bawah.

Selain itu, ada tiga teknik penting yang harus diketahui sebelum bermain. Untuk mengerem atau jika ingin berhenti, di sini posisi ujung tumit kamu harus didorong ke belakang hingga sisi papan bagian luar ikut terangkat sedikit. Ini akan membuat sisi papan bagian dalam melesap sedikit ke salju dan membuat papan berhenti.

Saat berjalan di atas salju, gunakan kaki kanan untuk mendorong, sementara kaki kiri sudah berada di cetakan sepatu di papan dan sudah terkunci. Kaki kanan bisa berada di sisi luar papan atau di sisi dalam papan.

Kemudian saat ingin berbelok atau memutar, maka harus melakukan gerakan memutar tubuh dengan dua tangah dibentangkan ke samping, ke arah yang diinginkan. Dengan sendirinya maka papan akan memutar ke arah yang diinginkan. Begitu juga saat melaju maka biarkan salah satu lutut menekuk untuk memberikan dorongan. Jika ke arah kiri maka lutut kaki kiri yang harus ditekuk dan sebaliknya.

Prakteknya tidak mudah

Hanya sekira 10 menit Dani langsung meminta mempraktekannya. Prakteknya lebih sulit. Berjalan di atas salju dengan papan dan sepatu yang berat tentu tidak mudah.

Pertama kami diajarkan bagaimana untuk mengerem, kemudian berbelok arah dan melaju. Dengan memegangi bagian belakang jaket, menjadi hal utama dilakukan instruktur untuk membuat siapapun yang baru kali pertama menjajal snowboarding.

Ritme kecepatan pun juga harus disesuaikan, sekedar masukan jika kali pertama maka janganlah terlalu cepat. Pasalnya, bisa membahayakan diri sendiri. Kontrol lah kecepatan dan sering-sering pula mengerem. Bagaimana dengan kamu, penasaran ingin mencobanya bukan?

(jjs)

Baca Juga

TOP TRAVEL 5: Keren! Bunga Terbesar di Dunia Ada di Sumatera

TOP TRAVEL 5: Keren! Bunga Terbesar di Dunia Ada di Sumatera