Ups, Ternyata ini Efek Samping Keseringan Berhubungan Seks

Ups, Ternyata ini Efek Samping Keseringan Berhubungan Seks

Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

BIASANYA pengantin baru selalu menikmati seks dengan frekuensi yang cukup sering. Hal itu merupakan salah satu bentuk perayaan keromantisan sebuah pasangan. Namun, apakah melakukan seks terlalu sering berdampak memiliki efek samping terhadap kesehatan?

Salah satu efek samping dari keseringan melakukan hubungan seks adalah infeksi saluran kemih. Tak sedikit orang yang mengalami hal ini. Biasanya, wanita memiliki peluang yang lebih besar mengalami infeksi saluran kemih setelah melakukan seks.

Mary Jane Minkin, gelar M.D, ahli ginekologi dan obstetri dari Yale School of Medicine mengatakan saluran uretra begitu dekat dengan Miss V. Seks dapat secara langsung mengakibatkan bakteri dari Miss V masuk ke dalam uretra. Seks yang terlalu sering dapat membuat wanita rentan terhadap infeksi saluran kemih.

Misalnya, berhubungan seks tiga kali dalam semalam bisa saja mengakibatkan terjadinya infeksi saluran kemih. Minkin menyarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik yang perlu dikonsumsi saat berhubungan seks. Antibiotik dapat memberikan perlindungan antibodi terhadap infeksi saluran kemih atau ISK.

Apabila seorang wanita mengalami infeksi kandung kemih beberapa kali dalam setiap tahun, saatnya ia berkonsultasi ke ahli urologi. Sehingga pasien bisa mendapatkan seks yang nyaman tanpa mencemaskan terjadinya infeksi saluran kemih.

"Jika Anda sering mengalami infeksi saluran kemih, segera pergi ke dokter, Anda tidak harus berhenti berhubungan seks!" tukas Minkin, seperti dikutip dari laman Womenshealthmag, Jumat (23/9/2016).

(hel)

Baca Juga

Tepuk Tangan Bisa Mencegah Gangguan Pencernaan si Kecil

Tepuk Tangan Bisa Mencegah Gangguan Pencernaan si Kecil