Jangan Pernah Tidur saat Kondisi Rambut Basah!

Jangan Pernah Tidur saat Kondisi Rambut Basah!

Jangan tidur saat kondisi rambut basah (Foto: Popular)

JIKA tak sempat keramas di pagi hari, banyak orang yang memilih untuk lakukan pas kelar beraktivitas. Nah, jika kita masuk salah satunya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga! Kenapa?

Menurut riset, orang yang cuci rambut di malam hari cenderung akan tidur dengan kondisi rambut basah.

Nah, tidur dengan kondisi rambut basah sangat tak disarankan ahli kesehatan. Alasannya, rambut tak ubahnya seperti karet gelang, punya elastisitas, dimana bisa ditarik hingga 1,2 inci saat kering dan 1,5 inci saat basah.

Singkat kata, rambut ada dalam kondisi terlemah pas basah dan sangat rentan terhadap kerusakan!

Langsung saja, berikut sederet masalah yang akan dijumpai bila tidur dengan kondisi rambut basah, seperti dilansir Boldsky.

Infeksi kulit kepala

Bantal tidur adalah lokasi yang strategis untuk bakteri berkembang biak. Pemicunya tak lain adalah keringat yang menempel di bantal, kotoran atau debu, sel-sel kulit mati, bahkan air liur yang kerap tertinggal di sana. Jika terbiasa tidur dengan kondisi rambut basah dibiarkan terus-menerus terjadi, dampak buruk yang paling rentan dialami adalah infeksi kulit kepala!

Ketombe

Rambut basah berarti rambut berminyak, yang artinya bisa memicu lahirnya ketombe. Tingkat kelembaban yang tinggi juga bisa membingungkan kelenjar sebaceous yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH alami kulit kepala. Serem!

Rawan rusak

Seperti yang sudah kami bilang tadi, rambut sangat lemah dalam kondisi basah. Jadi tidur dengan rambut basah berpotensi besar meregangkan rambut melebihi kapasitasnya. Itu karena pas tidur rambut mengalami gesekan dengan bantal atau kasur. Efek buruknya, rambut akan mudah keriting, bercabang, bahkan rontok!

Bad hair days

Bad hair days adalah efek samping berikutnya. Kata periset, tidur dengan rambut basah bisa sebabkan rambut jadi tak karuan keesokan harinya. Ada satu bagian yang kering, ada pula yang setengah kering, bahkan keriting. Jadi butuh kekuatan ekstra untuk menyisir rambut! Waduh.

(tty)

Baca Juga

AMI Award 2016 : Bergaun Putih Selutut, BCL Terima Penghargaan Anugerah Musik Indonesia

AMI Award 2016 : Bergaun Putih Selutut, BCL Terima Penghargaan Anugerah Musik Indonesia