Moms, Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Cara Ini

Moms, Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Cara Ini

Anak dibiasakan membaca (Foto: Shutterstock)

BUKU adalah jendela dunia. Mereka bisa lebih kreatif dan memeroleh pengetahuan baru lewat sebuah buku. Lalu, bagaimana caranya agar anak senang membaca buku? Berikut ini penjelasan dari dr. Fiona Amelia, MPH.

Tahukah Anda bahwa anak yang lancar membaca saat duduk di kelas 3 SD berpeluang empat kali lebih besar untuk lulus SMA tepat waktu (yaitu di usia 18 atau 19 tahun) dan berkarier lebih baik dibandingkan dengan yang tidak lancar membaca? Inilah yang mendasari American Academy of Pediatrics (AAP/Perhimpunan Dokter Anak Amerika) mengeluarkan kebijakan dan rekomendasi agar orangtua membacakan cerita pada anak setiap hari, yang dimulai sejak lahir.

AAP mengenalkan beberapa kiat untuk menumbuhkan minat baca pada usia dini, yaitu:

• Lakukan ‘5R’ dalam aktivitas sehari-hari Anda bersama anak, segera setelah lahir:

1. Read - Membaca bersama setiap hari sebagai bagian dari aktivitas keluarga yang menyenangkan.

2. Rhyme - Sesering mungkin bermain sambil bernyanyi, berpuisi, berbicara.

3. Routines - Bangun rutinitas yang sama setiap hari untuk makan, bermain, dan tidur sehingga anak tahu apa yang akan dilakukan berikutnya dan apa yang diharapkan darinya.

4. Rewards - Berikan ‘hadiah’ untuk setiap usaha yang dilakukan anak (misalnya usaha untuk membantu orang lain). Pujian dari orang terdekat merupakan hal yang sangat berharga bagi anak.

5. Relationships - Kembangkan hubungan yang penuh kasih sayang, bertujuan, dan abadi, yang merupakan dasar dari perkembangan otak dan fisik anak yang sehat.

• Gunakan aktivitas membaca bersama anak sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur. Bacakan cerita setiap hari walaupun hanya untuk beberapa menit. Ini merupakan cara yang baik untuk memiliki waktu berkualitas bersama anak dan dapat memudahkannya tertidur.

• Momen membaca haruslah menyenangkan. Anda tidak harus menyelesaikan sebuah cerita apabila anak sudah bosan.

• Biarkan anak memilih buku yang ingin dibaca walaupun Anda harus membacakan buku yang sama beberapa kali. Anak belajar dari pengulangan –hal ini membuatnya mengerti isi cerita secara utuh.

• Bila anak sudah bisa bicara, minta ia ‘membacakan’ cerita dari buku favorit yang sudah dihafalkannya karena diceritakan berulang-ulang.

• Berhenti sejenak dan tanyakan gambar yang akan muncul pada buku atau apa yang akan terjadi selanjutnya. Anda mungkin akan terkejut dengan jawaban yang diberikannya.

• Bacalah berbagai macam buku anak, seperti dongeng, puisi, sajak kanak-kanak.

• Ikuti keinginan anak dalam pemilihan buku. Buku-buku nonfiksi seperti dunia binatang atau mengenai alam juga dapat digunakan.

• Berbicaralah dengan anak mengenai hal-hal yang dilihatnya di rumah, di toko, atau ketika berjalan-jalan ke berbagai tempat.

• Bernyanyilah dan hidupkan cerita melalui bermain peran dengan anak.

• Ajak anak ke perpustakaan agar ia mengenal lebih banyak buku dan belajar mencintainya.

Tumbuhkan minat baca anak sejak dini agar ia cerdas, sehat, dan berwawasan luas!

(tty)

Baca Juga

Seperti Ini Diskriminasi yang Terjadi pada Anak Korban Migrasi

Seperti Ini Diskriminasi yang Terjadi pada Anak Korban Migrasi