Dampak Berbahaya jika Orangtua Memukul Anak Remajanya

Dampak Berbahaya jika Orangtua Memukul Anak Remajanya

Pola asuh (Foto: Salemwebnetwork)

DEWASA ini tidak semua orangtua paham betul cara mendidik anak. Pola asuh lama masih sering dipakai orangtua untuk mengambil jalan pintas agar anak disiplin.

Salah satunnya dengan cara memukul. Lantas, apa yang terjadi pada anak remaja jika orangtua ‘main tangan’?

Psikolog Klinis Remaja, Alzena Masykouri menyebut ada beberapa bahaya yang terjadi jika orangtua masih mendidik remaja dengan cara-cara kasar, apalagi sampai main pukul.

“Perlu diingat, remaja sudah berkembang secara fisik. Bukan tidak mungkin mereka balik menyerang. Pola pikir remaja belum terbentuk sempurna jadi dia tidak berpikir sebelum bertindak,” kata Alzena kepada Okezone, Jumat (23/9/2016).

Ia menambahkan, “Apakah mungkin anak remaja dan orangtua saling serang?” Maka cobalah memperbaiki pola interaksi dengan anak yang sedang tumbuh dengan emosi yang sangat labil.

“Bahaya lainnya adalah, anak remaja menyimpan dendam pada orangtua. Mungkin mereka tidak melawan secara fisik, tetapi tidak mau patuh, menolak semua perintah orangtua, dan dengan sengaja melanggar aturan,” terang wanita lulusan Universitas Indonesia ini.

Kemudian, remaja bisa menjadi nakal, tidak mau terbuka, benci dengan orangtuanya, bahkan tidak pulang-pulang. “Pelajaran terganggu, sakit hati, dan besar kemungkinan terbawa hingga mereka menjadi orangtua nanti,” tukasnya.

(vin)

Baca Juga

Pernikahan Tidak Melulu Mengenai Hak

Pernikahan Tidak Melulu Mengenai Hak