Anak Suka Bicara Kasar, Ternyata Ini Penyebabnya

Anak Suka Bicara Kasar, Ternyata Ini Penyebabnya

Pola asuh (Foto: Glitterpopupparties)

ANAK terlahir baik, suci, tanpa dosa. Kalau anak berbuat dosa, bukan karena bawaan lahir tetapi faktor cara mengasuhnya. Tidak ada anak yang terlahir langsung bisa bicara kasar.

Demikian ungkapan Liza Marielly Djaprie selaku Psikolog Klinis Anak, ketika menanggapi wawancara pertanyaan Okezone, belum lama ini, tentang topik anak yang bicara kasar kepada orangtua. Ia pun menjabarkan apa saja faktor penyebab anak bisa bicara kasar. Inilah di antaranya.

Lingkungan

Lingkungan itu bermacam-macam,ada keluarga inti, keluarga besar, sekolah, atau luar sekolah. Mungkin orangtua pernah berkata dan dilihat anak, atau dari saudara mereka, kemudian teman-teman di sekolah atau yang bukan di sekolah. Oleh sebab itu, perlu kesadaran orangtua untuk mau introspeksi diri dan mengenal lingkungan anak.

Tontonan

Acara-acara yang ditonton anak mungkin dari luar negeri jadi mereka melihat tayangan orang berkata kasar. Selain itu, tontonan orang dewasa, seperti sinetron, reality show yang ada muatan kasar. Dalam hal ini, orangtua harus lebih lagi memperhatikan tontonan anak.

Pergaulan

Paling mudah anak berkata kasar dari pergaulan. Ketika dia belum berani mengatakan itu di lingkungan teman-temannya, dia akan mencoba dulu di rumah.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY 1: Pompa Semangat Kerja dengan 3 Hal Kecil Ini

TOP FAMILY 1: Pompa Semangat Kerja dengan 3 Hal Kecil Ini