Orangtua Terlanjur Beri Hukuman Fisik pada Remaja, Segera Lakukan Ini

Orangtua Terlanjur Beri Hukuman Fisik pada Remaja, Segera Lakukan Ini

Pola asuh (Foto: Mdpcdn)

SERING KALI orangtua dibuat terkejut dengan perilaku anak yang berubah drastis ketika mereka memasuki usia remaja. Si kecil yang dulunya manis dan penurut tiba-tiba menjadi sulit diatur dan nakal.

Perubahan perilaku anak pun membuat orangtua tiba-tiba mengubah cara pengasuhan. Orangtua yang tak sabar justru malah memukul anak karena kesal melihat anak tidak disiplin dan lebih suka main.

Tindakan orangtua tersebut menurut psikolog remaja, Alzena Masykouri keliru. Jika anak mengalami perubahan perilaku yang awalnya baik kemudian diubah menjadi kasar. Maka, jika orangtua sudah memukul anak, cepat perbaiki keadaan.

“Minta maaf kepada anak. Memukul anak itu tidak boleh. Minta maafnya juga dengan penuh rasa penyesalan, bukan sambil marah-marah karena masih sedikit merasa benar,” ujar Alzena kepada Okezone, Jumat (23/9/2016).

Setelah meminta maaf, orangtua perlu berjanji pada diri sendiri dan pada anak untuk tidak mengulanginya lagi. “Si orangtua harus benar-benar berjanji tidak akan pukul-pukul anak lagi, bukan sekadar bicara,” katanya.

“Selebihnya mulailah mempelajari bagaimana pola asuh remaja. Memahami gejolak jiwa remaja, perkembangan emosi, dan pergaulan anak. Agar ke depannya orangtua lebih ‘nyambung’ dengan remaja dan mengerti solusi mendidik remaja,” pungkas psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

(vin)

Baca Juga

Karyawan Jenuh dengan Pekerjaan? Hal Ini yang Paling Dibutuhkannya!

Karyawan Jenuh dengan Pekerjaan? Hal Ini yang Paling Dibutuhkannya!