Begini Cara Membuat Daging Panggang dengan Olesan Kopi

Begini Cara Membuat Daging Panggang dengan Olesan Kopi

Ilustrasi (Foto: Thelocaldish)

OLESAN kopi membuat pelengkap yang lezat untuk daging panggang alias steak. Dimasak di atas panggangan panas cita rasa dan aroma steak dengan olesan kopi akan lebih tajam.

Berikut resep membuat daging panggang atau steak dengan campuran kopi yang dapat menggugah selera, seperti dilansir Thedailymeal, Jumat (23/9/2016).

Bahan :

2 sendok makan gula merah

1 1/2 sendok makan biji kopi, ditumbuk halus

2 sendok teh cabai bubuk

1/8 sendok teh cayenne

2 sendok teh garam kosher

1 1/2 kg daging

2 papan kayu aras yang lebih kecil untuk memanggang, direndam dalam air minimal 3 jam,

2 sendok teh minyak zaitun, ditambah lagi untuk meminyaki papan kayu,

Cara membuat :

Campurkan gula, kopi, bubuk cabai, cayenne dan garam. Potong steak sesuai ukuran papan kayu aras jika perlu. Oleskan steak dengan 2 sendok teh minyak; oleskan seluruh permukaan daging dengan kopi dan tekan. Kemudian sisihkan.

Siapkan panggangan untuk memasak dengan panas tinggi. Panaskan papan kayu aras di sisi dingin dari panggangan selama 3 menit; angkat dari panggangan, sikat satu sisi ringan dengan minyak dan sisihkan. 

Bakar daging di sisi panas dari panggangan sampai menyengat, 1 sampai 2 menit per sisi. Setiap sisi steak diminyaki di atas panggangan;

Tutup panggangan biarkan selama 8-12 menit hingga mencapai kematangan yang diinginkan. Angkat daging panggan dan biarkan selama 10 menit sebelum diiris.

(hel)

Baca Juga

TOP FOOD 1: Terinspirasi Mystique di X-Men, Burger Ini Berwarna Biru

TOP FOOD 1: Terinspirasi Mystique di X-Men, Burger Ini Berwarna Biru