Bagaimana Jadinya jika Masak Ayam Dicampur Cokelat, Mau Coba?

Bagaimana Jadinya jika Masak Ayam Dicampur Cokelat, Mau Coba?

Chicken mole (Foto: Glutenfreeliving)

SAJIAN ayam dengan cara di goreng atau direbus mungkin sudah biasa. Namun, apa jadinya jika memasak ayam dicampur coklat? Sepertinya menarik untuk menu di akhir pekan.

Dilansir dari Allrecipes Jumat (23/9/2016), resep memasak ayam dicampur coklat dinamakan Chicken Mole. Lalu bagaimana memasaknya?

Bahan :

1 sendok makan minyak sayur

1 potong ayam, di potong-potong beberapa bagian

1 daun salam

1/4 sendok teh lada hitam

1/8 sendok teh lada merah

1/2 sendok teh paprika

1/2 sendok teh cengkeh

1/2 sendok teh kayu manis bubuk

1 siung bawang merah, dicincang

2 siung bawang putih, dicincang

14,5 ons tomat, dipotong dadu

2 sendok teh gula merah

1 cangkir kaldu ayam

1/4 cangkir semi sweet coklat chips

1/4 cangkir kismis

2 sendok makan wijen

Cara membuat:

Panaskan minyak sayur ke dalam wajan di atas api dengan suhu tinggi. Masak potongan ayam dalam minyak panas selama 10 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan di semua sisinya. Angkat dari wajan dan sisihkan.

Kecilkan api ke ukuran sedang, dan masukkan daun salam, lada hitam, cabe rawit, paprika, cengkeh, dan kayu manis, aduk sampai harum sekira 30 detik. Tambahkan bawang merah dan bawang putih; masak dan aduk sampai bawang telah melunak, sekira 5 menit.

Aduk tomat, gula merah, dan kaldu ayam, hingga mendidih di atas api dengan suhu panas tinggi. Setelah mendidih. Setelah itu masukkan semi sweet cokelat chip sampai meleleh, kemudian masukkan potongan ayam ke panci.

Kecilkan api ke ukuran sedang dan didihkan sekira 15 hingga 20 menit sampai ayam empuk dan tulang tidak lagi berwarna merah muda. Campurkan kismis, dan masak 3 menit lagi. Setelah matang taburi dengan wijen dan sajikan selagi hangat.

(ren)

Baca Juga

Begini Cara Bedakan Cobek Terbuat dari Batu & Semen

Begini Cara Bedakan Cobek Terbuat dari Batu & Semen