Rahasia Keindahan Tersembunyi Sunrise & Sunset di Borobudur

Rahasia Keindahan Tersembunyi Sunrise & Sunset di Borobudur

Candi Borobudur (Foto: Pegipegi)

ANDA yang berkali mengunjungi Yogyakarta pasti kadang merasa bosan jika berkali-kali datang ke Borobudur. Tenang, ada cara lain menikmati wisata sejarah peninggalan Budha ini.

Waktu paling pas menyambangi area Borobudur adalah saat pagi dan sore hari saat matahari tidak terlalu terik menyengat.

Jika ingin menikmati sensasi melihat matahari tenggelam ditengah stupa-stupa Borobudur, Anda bisa mengambil paket Manohara.

Okezone merasakan sensasi menikmati sunset lewat paket ini. Baru turun dari mobil, Okezone sudah disambut dengan sapaan hangat dari pria ramah berpakaian khas Yogya.

Usai membayar tiket seharga Rp160 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp320 ribu untuk wisatawan asing, kami tak ingin membuang banyak waktu.

Langsung saja memasuki area Borobudur yang sudah jelas terlihat dari pendopo pintu masuk. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk jalan menuju ke tangga Borobudur.

Dari bawah tangga Borobudur sebaiknya jangan dulu terburu-buru naik karena view candi terlihat sangat bagus untuk mengabadikan momen lewat foto atau video. Setelah puas, lanjutkan langkah kaki dengan menapaki tangga candi.

Candi dengan enam teras berbentuk bujur sangkar dan tiga pelataran melingkar ini bisa dinikmati setiap jengkalnya.

Setiap dinding di sisi candi dihiasi dengan ribuan relief pahatan dan ratusan arca Budha yang akan sangat menarik jadi objek foto saat terpapar cahaya emas matahari sore.

Saat tiba di puncak stupa utama terbesar di atas, Anda bisa melihat pemandangan sekitar candi termasuk sunset pada sore hari.

Sayangnya saat Okezone berkunjung cuaca sedang tidak mendukung, sekitar candi Borobudur mendung sehingga awan menutupi matahari yang hendak kembali ke peraduan.

Puas menikmati keindahan Borobudur, bisa kembali ke pendopo Manohara untuk menikmati suguhan coffee break. Pisang goreng hangat dan berbagai minuman siap mengisi perut yang lapar.

Saat akan pulang, tak perlu jalan jauh ke area parkiran karena kendaraan roda empat atau bus bisa parkir persis di area sekitar pendopo. Cukup hubungi driver dan Anda bisa langsung masuk mobil persis di depan pendopo.

Okezone menikmati sensasi wisata sunset Borobudur ini bersama tim Forum for East Asia - Latin America Cooperation (FEALAC) yang terdiri dari wisatawan mancanegara dari Korea, Jepang, Tiongkok dan Australia. Kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama antara Kementrian Luar Negeri dan Kementrian Pariwisata.

(jjs)

Baca Juga

Alasan Terkuat Mengapa Berwisata ke Raja Ampat Mahal!

Alasan Terkuat Mengapa Berwisata ke Raja Ampat Mahal!