Hotel Berbasis Syahriah di Indonesia Mulai Menjamur

Hotel Berbasis Syahriah di Indonesia Mulai Menjamur

Hotel berbasis syariah mulai menjamur di Tanah Air (Foto: Travel.cab)

DESTINASI halal perlahan mulai hidup di Indonesia, bahkan pertumbuhan hotel berbasis syariah mulai menjamur.

Penobatan Lombok sebagai destinasi halal terbaik di dunia menjadikan pariwisata Indonesia serius dalam menghidupkan wisata halal berbasis syariah.

Kehadiran pariwisata halal membuat beberapa hotel di Indonesia mulai konsern untuk fokus menjadi hotel berbasis syariah.

“Kami bukan pioneer untuk konsep hotel syariah tapi kami yang pertama untuk hotel berbintang yang mengembangkan konsep syariah,” jelas Henry Husada, Chairman dan CEO Kagum Group di Jakarta.

Peningkatan jumlah wisatawan asal negara-negara muslim dan kesadaran masyarakat yang makin religi menginspirasi untuk membesut hotel berkonsep syariah. Sejak tahun lalu mulai menggeber ekspansi hotel syariahnya.

Yang membedakan dengan hotel bintang konvensional menurutnya adalah pada beberapa fasilitas dan pelayanan.

Sebagai hotel yang berkonsep syariah, selain menyuguhkan makanan dan minuman yang halal – tentu tidak menyediakan minuman beralkohol, hotel ini juga menerapkan konsep syariah di seluruh fasilitas hotel.

Di setiap kamar disediakan alat perlengkapan salat dan Al Quran. Musala pun ditempatkan sebagai salah satu center utama. Saat memasuki waktu salat, adzan akan dikumandangkan melalui loud speaker sehingga para amu dan pengunjung bisa mendengar panggilan untuk salat.

"Mulai makanan sampai kolam renang, semuanya syariah. Kami juga menyiapkan musala berukuran besar. Bahkan, selama masa persiapan dan pembangunan, saya melibatkan Dewan Pengawas Syariah," tukasnya.

(jjs)

Baca Juga

TOP TRAVEL 5: Keren! Bunga Terbesar di Dunia Ada di Sumatera

TOP TRAVEL 5: Keren! Bunga Terbesar di Dunia Ada di Sumatera