Selain karena Menangis, Ini Penyebab Mata Bengkak

Selain karena Menangis, Ini Penyebab Mata Bengkak

Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

ANDA tahu bahwa tidur terlalu larut malam dapat menyebabkan munculnya kantung mata atau bengkak di pagi hari. Namun, menurut Dermatologist Dr Sejal Shah, ada penyebab lain dari mata bengkak. Berikut penuturan Dr Sejal Shah yang dilansir dari Thehealthsite:

Alergi

Mata bengkak juga bisa menjadi gejala alergi. Paparan debu saat tidur dari bantal maupun tembok dapat menyebabkan reaksi alergi dan menyebabkan mata bengkak.

Paparan panas

Duduk di dekat pemanas ruangan dapat membuat mata kering dan lebih sensitif dari biasanya. Hal ini karena panas dapat mengeringkan selaput lendir bola mata, sehingga menyebabkan timbulnya mata bengkak.

Menstruasi

Anda bisa menyalahkan mata bengkak atau kantung mata karena pre-menstruai sindrom (PMS). Mata dapat menahan air selama siklus menstruasi, sehingga menjadi mata bengkak. Kantung mata akan hilang sendirinya setelah beberapa hari melewati masa menstruasi.

Alkohol

Alkohol tidak hanya menyebabkan tubuh dehidrasi, tetapi juga mata kering dan bengkak. Banyak orang cenderung makan makanan asin dengan alkohol yang justru membuat air tetap di daerah mata, sehingga terjadi pembengkakan.

Hipertiroid

Mata bengkak juga dapat menjadi efek samping dari hipertiroid. Jika Anda menderita hipertiroid, maka terlihat penebalan lemak di sekitar mata, sehingga terlihat seperti kantung mata.

Menangis

Menangis dapat mengakibatkan mata sembab atau bengkak. Kelenjar lakrimal di mata terus bekerja memproduksi air mata yang dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan di sekitar mata.

(hel)

Baca Juga

Mengenal Penyebab dan Faktor Risiko Alzheimer

Mengenal Penyebab dan Faktor Risiko Alzheimer