Tahukah Anda Mengapa Makan Kacang Jaga Jantung Tetap Sehat?

Tahukah Anda Mengapa Makan Kacang Jaga Jantung Tetap Sehat?

Makan kacang jaga jantung tetap sehat (Foto: Thehealthsite)

KITA semua tahu bahwa makan kacang-kacangan dapat menjaga jantung tetap sehat. Tapi, apakah Anda tahu apa yang membuat kacang baik untuk kesehatan jantung?

Kacang seperti kenari dan almond dianjurkan dikonsumsi setelah menjalani operasi jantung, kata Dr Nilesh Gautam, Senior Interventional Cardiologist. Selain itu, dia juga menjelaskan mengapa kacang-kacangan harus masuk dalam diet harian Anda untuk menjaga jantung tetap sehat seperti dilansir dari laman Thehealthsite:

Lemak omega 3

Meskipun banyak ditemukan di ikan, asam lemak omega 3 juga hadir dalam kacang-kacangan. Asam lemak omega 3 mengandung lemak jenuh yang rendah dan lemak tak jenuh ganda yang tinggi, sehingga mencegah serangan jantung. Karena itu, kacang-kacangan juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Serat

Kehadiran serat dalam kacang tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, tapi juga meningkatkan kadar lipid darah. Selain itu, serat juga menurunkan faktor risiko lain, seperti diabetes, obesitas dan tekanan darah, yang dapat menempatkan Anda pada risiko tinggi penyakit jantung.

Antioksidan

Kacang juga mengandung jumlah antioksidan yang mencegah perkembangan pembentukan plak, di mana dapat meningkatkan risiko nyeri dada, aterosklerosis atau penyakit jantung. Hal ini juga mengeluarkan racun dari tubuh yang membahayakan jantung dalam jangka panjang.

L-arginine

Selam asam folat dan magnesium, buah-buahan kering dan kacang-kacangan seperti almond juga dikemas dengan L-arginine. L-arginine, sejenis asam amino yang meningkatkan kesehatan jantung fungsi arteri dan aliran darah. Selain itu, asam amino ini juga menurunkan risiko pembekuan darah, penyebab serangan jantung.

Lemak tak jenuh

Alasan lain mengapa kacang sehat untuk jantung adalah adanya lemak tak jenuh. Tidak seperti lemak jeuh yang menyebabkan pengendapan kolesterol, lemak tak jenuh kaya kolesterol baik yang meningkatkan fungsi jantung.

(hel)

Baca Juga

Meditasi Bantu Penderita Asma Mengontrol Sesak Napas

Meditasi Bantu Penderita Asma Mengontrol Sesak Napas