Hampir 433.000 Kematian di Dunia Akibat Duduk Terlalu Lama

Hampir 433.000 Kematian di Dunia Akibat Duduk Terlalu Lama

Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

HAMPIR 4 persen dari semua kematian, sekira 433.000 per tahun, karena orang-orang di seluruh dunia menghabiskan waktu lebih dari tiga jam sehari hanya untuk duduk, sebuah penelitian telah menemukan.

Berbagai penelitian selama dekade terakhir telah menunjukkan bagaimana duduk dalam waktu yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian, terlepas dari apakah kita berolahraga atau tidak. Studi baru yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine, sekarang memperkirakan proporsi kematian disebabkan 'efek kursi' dalam populasi 54 negara, menggunakan data dari tahun 2002 sampai 2011.

"Hal ini penting untuk meminimalkan perilaku menetap (duduk terlalu lama) untuk mencegah kematian prematur di seluruh dunia," kata penulis utama studi, Leandro Rezende dari University of Sao Paulo di Brasil, dikutip dari Thehealthsite, Jumat (23/9/2016).

Hasil penelitian menunjukkan, lebih dari 60 persen dari orang di seluruh dunia menghabiskan lebih dari tiga jam sehari untuk duduk. Rata-rata pada orang dewasa adalah 4,7 jam per hari untuk duduk. Ini adalah penyebab di balik 3,8 persen dari kematian.

Lebih lanjut, Leandro menekankan, mengurangi jumlah waktu duduk dapat meningkatkan harapan hidup sebesar 0.20 tahun di negara-negara yang dianalisis. Mengurangi jumlah waktu duduk sekira dua jam, akan berarti 2,3 persen penurunan angka kematian.

Karena itu, menurut Leandro, tindakan yang bertujuan mengatasi faktor penentu di balik sering duduk terlalu lama sangat diperlukan. Leandro mengatakan, beberapa negara telah melakukan kampanye untuk mengatasi masalah ini.

"Misalnya, kampanye kesehatan dikembangkan untuk mempromosikan aktivitas fisik di kalangan perempuan di Tonga (Oceania). Kemudian, ada juga bicycle-sharing system yang dikembangkan di Iran, begitu pun sistem transportasi yang berkelanjutan di Jerman," pungkasnya.

(hel)

Baca Juga

Daftar Makanan untuk Mengobati Peradangan

Daftar Makanan untuk Mengobati Peradangan