Kenapa Sel Darah Putih Tinggi Buat Pasien Leukemia Rentan Infeksi?

Kenapa Sel Darah Putih Tinggi Buat Pasien Leukemia Rentan Infeksi?

Ilustrasi (Foto: Sciencedaily)

SEL darah putih pada dasarnya berfungsi untuk melawan benda asing dari tubuh yang bisa sebabkan infeksi. Namun, tingginya jumlah sel darah putih pada pasien kanker darah putih atau leukemia bisa berbahaya daripada menguntungkan.

Penyakit kanker leukemia bisa alami kenaikan jumlah sel darah putih di atas rata-rata. Kondisi ini justru dapat mempengaruhi daya tahan tubuh karena kualitasnya yang rendah, menurut ahli hematologi onkologi medik, dr Hilman Tadjoedin, dari RS Pusat Kanker Dharmais.

“Memang jumlah sel darah meningkat. Tapi itu hanya kuantitas. Sementara, kualitasnya dipertanyakan. Kalau demikian, walaupun jumlahnya banyak sampai ratusan ribu justru tidak akan bagus ke manusianya,” jelasnya, saat ditemui di Jakarta.

Karena kualitasnya yang lemah, orang yang mengalami leukemia bisa dengan mudah terinfeksi kapan pun terpapar dengan pemicu infeksi. Infeksi sendiri adalah alasan mengapa pasien leukemia sering tidak dapat diselamatkan.

“Pasien leukemia atau kanker darah pada umumnya meninggal karena daya tahan tubuhnya melemah. Oleh karena itu, deteksi dini leukemia akan sangat berarti untuk pasien,” pungkas dr Hilman.

(hel)

Baca Juga

Waspada Lonjakan Gula Darah saat Cuaca Panas

Waspada Lonjakan Gula Darah saat Cuaca Panas