Pengungsi Banjir Bandang Garut Harus Kenali Gejala Penyakit Kencing Tikus

Pengungsi Banjir Bandang Garut Harus Kenali Gejala Penyakit Kencing Tikus

Kondisi pasca banjir bandang di Garut (Foto: Antara)

KEMENKES RI menyampaikan ada beberapa faktor penyakit yang ditimbulkan akibat banjir, salah satunya penyakit leptospirosis. Penyakit ini ditularkan melalui infeksi bakteri leptospira dari hewan. Biasanya, leptospirosis kerap dikaitkan infeksi bakteri dari kencing tikus.

Fase perkembangan leptospirosis antara 2 hingga 30 hari. Sekira 90 persen dari infeksi leptospirosis mengalami gejala ringan, misalnya suhu yang tinggi mencapai 38 C sampai 40 C dan kehilangan selera makan.

Selain dua gejala tersebut, ketahui gejala leptospirosis lainnya berikut ini, dikutip dari laman Nhs, Jumat (23/9/2016).

- Menggigil

- Sakit kepala tiba-tiba

- Mual dan muntah

- Nyeri otot, terutama mempengaruhi otot-otot di betis dan punggung

- Batuk

- Ruam

Gejala-gejala ini biasanya diselesaikan dalam waktu 5 - 7 hari. Namun, sekira 10 persen orang yang mengidap leptospirosis, mengalami gejala yang serius. Gejala yang parah timbul setelah pasien mengalami gejala ringan selama 1 - 3 hari.

Jika kondisi ini dibiarkan saja, infeksi bakteri dapat merembet dan mempengaruhi organ-organ. Termasuk otak, hati, ginjal, jantung, dan paru-paru.

Biasanya dokter meresepkan tablet antibiotik sebagai pengobatan, disertai dengan obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol dan ibuprofen untuk meringankan sakit kepala, demam, dan nyeri otot. Demikian dikutip dari laman Nhs, Jumat (23/9/2016).

(hel)

Baca Juga

Jangan Takut Bau Mulut, Makan Petai Bisa Atasi Sembelit!

Jangan Takut Bau Mulut, Makan Petai Bisa Atasi Sembelit!