Benarkah Makan Cokelat Bisa Memicu Sariawan?

Benarkah Makan Cokelat Bisa Memicu Sariawan?

Makan cokelat (Foto: Popular)

SELAMA ini, penyebab sariawan yang kita tahu adalah karena kurangnya asupan vitamin C atau karena bakteri dalam mulut yang kemudian menyebabkan infeksi. Namun, baru-baru ini, peneliti berhasil menemukan fakta menarik terkait penyebab sariawan pada manusia. Menurut mereka, sariawan pada sebagian orang bisa dipicu karena kebiasaan makan cokelat, minum kopi, atau makan stroberi. Kok bisa?

Perlu diketahui, tiap orang memiliki kepekaan yang berbeda terhadap zat alkaloid yang tersemat dalam cokelat, theobromine. Ketika seseorang sensitif terhadap zat tersebut, maka sariawan bisa muncul dalam mulutnya.

“Selain theobromine, asam salisilat dalam stroberi atau buah beri lainnya juga berpotensi besar memicu sariawan,” terang periset seperti dilansir Daily Mail.

Sementara itu, beberapa orang yang sensitif terhadap theobromine juga mengaku bahwa mereka mengalami gatal-gatal seperti terkena alergi. Tak tanggung-tanggung, rasa gatal tersebut bahkan diklaim baru bisa hilang dalam waktu satu minggu. Singkat kata, jika Anda mengalami sariawan usai mengonsumsi sejumlah asupan di atas, bisa saja itu karena diri Anda alergi dengan theobromine. Demikian kata ahli kesehatan di Inggris, Maureen Jenkins.

Dampak buruk lain cokelat

Selain sariawan, makan cokelat juga rupanya bisa memicu masalah kesehatan lainnya. Yang baru-baru ini terungkap ke permukaan sebut saja bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Melahap cokelat dalam jumlah banyak sejatinya bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika dibiarkan terus-menerus terjadi, perilaku tersebut bisa mengakibatkan sembelit kronis. Dalam kasus yang lebih parah, dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar.

“Cokelat mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Meski zat tersebut ampuh menangkal radikal bebas, namun jika masuk ke tubuh terlalu banyak bisa menyebabkan ketidaknyamanan di wilayah perut yang berujung pada sembelit,” jelas ahli kesehatan dari University of Rochester Medical Center, Thomas Park, MD.

Hanya itu saja? Tidak, masih ada lagi fakta menyeramkan tentang cokelat yang perlu Anda tahu!

Dijelaskan ilmuwan di Amerika Serikat sana, keseringan makan cokelat bisa memicu lonjakan gula darah. Jika itu terjadi, hal tersebut bisa membunuh sel-sel otak yang pada akhirnya menyebabkan demensia alias pikun serta penyakit Alzheimer di kemudian hari.

Pesan peneliti, bijak-bijaklah dalam makan cokelat!

(tty)

Baca Juga

Kenali Gejala Sesak Napas yang Sering Tidak Anda Sadari

Kenali Gejala Sesak Napas yang Sering Tidak Anda Sadari