Jaga Berat Badan agar Penglihatan Tetap Sehat

Jaga Berat Badan agar Penglihatan Tetap Sehat

Ilustrasi (Foto: Zeenews)

MATA kita adalah salah satu organ yang paling berharga yang kita miliki. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga mata tetap sehat, salah satunya menjaga berat badan tetap ideal.

Menjaga berat badan tetap ideal sangat terkait dengan cara kita menjalani gaya hidup sehat. gaya hidup sehat tentu akan berpengaruh pada kesehatan mata juga. Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Zeenews, Jumat (23/9/2016).

Jaga berat badan tetap sehat

Memiliki berat badan berlebih atau kegemukan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya. Diabetes yang melemahkan saraf bisa menyerang mata dan sebabkan kondisi yang disebut retinopati, yang bisa mengganggu fungsi penglihatan.

Banyak makan buah dan sayuran

Bukan hanya wortel yang disarankan untuk dikonsumsi demi mata sehat. Sayuran lain yang berwarna hijau gelap, tauge, kacang-kacangan, dan buah jeruk juga perlu banyak dimakan untuk mendukung kesehatan mata sekaligus berat badan Anda.

Asam lemak omega 3

Pastikan Anda mengonsumsi asam lemak omega 3 dalam diet harian Anda. Ini dapat ditemukan di dalam salmon, tuna, dan telur. Studi telah menemukan bahwa asam lemak omega 3, khususnya, bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata.

Berhenti merokok

Merokok sangat buruk bagi tubuh Anda secara keseluruhan, tak terkecuali bagi mata Anda. Merokok telah dikaitkan dengan peningkatan risiko degenerasi makular terkait pertambahan usia, katarak, dan kerusakan saraf optik.

(hel)

Baca Juga

Anggur Bisa Melindungi Kerusakan Retina Mata

Anggur Bisa Melindungi Kerusakan Retina Mata