Ups, Kok Pria Punya Payudara?

Ups, Kok Pria Punya Payudara?

Ilustrasi (Foto: Mirror)

SEORANG pria memiliki 'payudara'? Tentu tidak satu pun pria yang ingin memiliki 'payudara' layaknya seorang wanita atau dikenal dengan sebutan Ginekomastia.

Baik pria usia muda, dewasa, maupun usia tua, mempunyai risiko mengalami masalah ini. Karena itu, banyak pria yang merasa gelisah takut memiliki 'payudara', sehingga mereka mencari tahu bagaimana cara menghilangkannya.

Testosteron vs estrogen

Ada satu alasan mengapa seorang pria dapat mempunyai 'payudara' seperti wanita. Tidak selalu karena pola makan yang buruk atau kurang berolahraga, melainkan bisa disebabkan oleh hormon.

Jaringan payudara dapat tumbuh sebagai hasil dari ketidakseimbangan antara hormon testosteron (hormon seks pria) dengan hormon estrogen pada wanita. Dalam kasus pria remaja, biasanya mereka akan mengalami penurunan testosteron, sehingga estrogen lebih dominan, sehingga 'payudara' mulai tumbuh.

Kadar testosteron memang dipengaruhi oleh usia. Pria yang lebih tua mungkin mengalami peningkatan ukuran payudara karena kadar testosteron mereka jatuh di sekitar usia 20 tahun.

Sementara, pria kelebihan berat badan, menghasilkan lebih banyak estrogen karena lemak tubuh ekstra dan enzim dalam sel-sel lemak yang disebut aromatase. Ini mengkonversi testosteron yang mengarah ke masalah tersebut.

Menjadi gemuk, tubuh semakin menghasilkan estrogen dan lebih banyak estrogen tergantung seberapa gemuk Anda. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh Anda.

Jadi, apa yang harus dilakukan?

Operasi pengecilan payudara pria mungkin akan meningkat, tetapi kenyataannya adalah tidak ada jalan pintas untuk menyingkirkan payudara pada pria. Perlu beberapa upaya untuk menghilangkan payudara pada pria.

Pertama, berolahraga rutin akan meningkatkan testosteron. Membatasi konsumsi alkohol, gula dan karbohidrat dari makanan olahan juga akan membantu.

Anda pun perlu memasukkan sayuran seperti bayam, kubis, kale, brokoli, dan kecambah ke diet harian. Makanan kaya zinc, seperti tiram, kacang-kacangan, daging merah dan unggas juga dapat membantu menghentikan proses aromatisasi testosteron menjadi estrogen. Dikutip dari Mirror.

(hel)

Baca Juga

Langkah Pertolongan Pertama untuk Orang yang Alami Henti Napas

Langkah Pertolongan Pertama untuk Orang yang Alami Henti Napas