No Beard Day: Atasi Rasa Gatal Hingga Iritasi Usai Mencukur Janggut

No Beard Day: Atasi Rasa Gatal Hingga Iritasi Usai Mencukur Janggut

Ilustrasi (foto: shutterstock)

BEBERAPA pria yang mencukur janggut kerap mengalami rasa gatal, iritasi, hingga kulit menjadi kering setelahnya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Mengutip Livestrong, Selasa (18/10/2016), apa pun tipe kulit wajah Anda, usai proses mencukur memang selalu meninggalkan rasa gatal dan kulit menjadi kering. Penggunaan sabun wajah yang mengandung alkohol pun perlu dihentikan karena dapat mengurangi kelembapan pada kulit. Alhasil, kulit menjadi terasa lebih kering.

Mencukur janggut terlalu sering tak hanya dapat menyebabkan rasa gatal. Melainkan juga luka hingga masalah iritasi pada kulit. Lantas, adakah solusi untuk mengatasinya?

Pertama, hindari menggunakan jenis pisau cukur yang murahan. Ya, untuk apa memiliki pisau cukur dengan harga yang murah namun menyebabkan rasa kurang nyaman usai mencukur janggut? Namun, bukan berarti Anda harus membeli produk yang mahal. Lalu, untuk krim atau gel pencukur, pilihlah yang mengandung pelembap dan antiseptik sehingga baik untuk kulit.

Kedua, waktu yang tepat untuk mencukur rambut bisa dilakukan seusai mandi. Lakukan pengelupasan (eksfoliasi) untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mengatasi rasa gatal hingga iritasi pada kulit.

Ketiga, sebaiknya biarkan janggut tumbuh terlebih dulu dan kulit menjadi pulih usai terpapar dengan pisau cukur. Terlalu sering mencukur janggut dapat menyebabkan munculnya rasa gatal hingga terjadinya iritasi pada kulit.

(SLV)

Baca Juga

MISS WORLD 2016: Intip Makanan yang Dibuat Miss Indonesia & <i>Outfit</i> yang Dikenakan saat <i>Metro Cooking DC</i>

MISS WORLD 2016: Intip Makanan yang Dibuat Miss Indonesia & Outfit yang Dikenakan saat Metro Cooking DC