No Beard Day: Cara Mencukur Janggut yang Tepat agar Tidak Alami Luka

No Beard Day: Cara Mencukur Janggut yang Tepat agar Tidak Alami Luka

Ilustrasi (foto: shutterstock)

TANGGAL 18 Oktober diperingati oleh beberapa negara di dunia sebagai No Beard Day. Kampanye ini dilakukan untuk memperingati tampilan wajah yang bersih dan halus tanpa janggut.

Nah, bagi para pria yang ingin turut memeriahkannya, tak ada salahnya untuk ikut mencukur janggut, lho. Namun, saat mencukur, terkadang Anda kerap mengalami luka akibat gesekan dari pisau cukur yang digunakan.

Oleh karena itu meminimalisirnya, pastikan Anda melakukan langkah-langkah berikut ini, seperti dilansir Menshealth, Selasa (18/10/2016).

Pertama, pastikan Anda mencuci wajah menggunakan air hangat. Tak hanya membuka pori-pori kulit, cara ini berguna untuk membuat kulit lebih lembap sehingga meminimalisir luka yang mungkin terjadi selama proses mencukur.

Kedua, siapkan pisau cukur serta krim untuk mencukur. Oleskan krim pencukur pada bagian wajah dan leher. Setelah wajah diolesi krim, pijat wajah secara perlahan untuk melancarkan sirkulasi darah dan memudahkan proses pencukuran.

Ketiga, cukur janggut mengikuti arah tumbuhnya janggut. Jangan melawan arah sebab dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pastikan untuk menggunakan pisau cukur yang tidak tajam dan tidak terasa kasar agar tidak membuat kulit wajah menjadi kasar hingga menimbulkan luka.

Keempat, pastikan untuk mencuci pisau cukur dalam air hangat setiap selesai 1-2 cukuran. Hal ini berfungsi untuk membersihkan janggut dan kumis yang menempel pada pisau cukur serta menghilangkan krim cukuran yang menghalangi proses kerja pisau cukur.

Terakhir, jika proses mencukur sudah selesai, kompres bagian wajah yang sudah dicukur dengan handuk yang sudah direndam air dingin selama satu jam. Aplikasikan pelembap atau losion SPF untuk mendapatkan kulit halus nan cerah.

(SLV)

Baca Juga

MISS WORLD 2016: Intip Makanan yang Dibuat Miss Indonesia & <i>Outfit</i> yang Dikenakan saat <i>Metro Cooking DC</i>

MISS WORLD 2016: Intip Makanan yang Dibuat Miss Indonesia & Outfit yang Dikenakan saat Metro Cooking DC