Kenyataan di Balik Pekerjaan Para Asisten Seleb

Kenyataan di Balik Pekerjaan Para Asisten Seleb

Ilustrasi (Foto: Qerja)

KEMILAU dunia entertainment tidak hanya bisa dinikmati mereka yang mengambil jalur karier sebagai selebritis. Salah satu profesi dalam dunia seleb yang berkesempatan untuk merasakannya adalah asisten seleb.

Siapa saja yang bisa menjadi asisten seleb?

Jalan menjadi asisten pribadi seorang selebritis tidak terbatas hanya dengan mengirimkan CV, direkrut dari pekerjaan lain, atau bergabung dengan agen penyaluran asisten. Tidak sedikit juga asisten seleb yang awalnya berstatus sebagai fans, seperti Musliyawati yang sering muncul di acara Pesbukers dan kemudian diajak menjadi asisten Jessica Iskandar.

Mempekerjakan sahabat sendiri juga merupakan salah satu cara, seperti Justine Ciarrocchi, sahabat Jennifer Lawrence yang kemudian menjadi asisten pribadinya.

Apa saja tugas seorang asisten seleb?

Kewajiban seorang asisten seleb pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan asisten konvensional, yaitu memastikan sang atasan terpenuhi kebutuhan dan permintaannya. Tugas mereka bermacam-macam, dari yang cukup normal, seperti merencanakan jadwal manggung dan memesankan tiket, hingga hal-hal agak nyentrik dan remeh seperti membelikan makanan favorit, merapikan gaun di karpet merah, dan memuji-muji sang artis.

Benarkah menjadi asisten seleb itu menyenangkan?

Seorang asisten seleb berkesempatan diboyong ke lokasi-lokasi eksotis, menghadiri acara-acara penuh prestise mengikuti sang atasan, dan turut menikmati pelayanan kelas atas. Peluang untuk networking dengan tokoh-tokoh terkemuka dari berbagai bidang pun terbuka lebar.

Walau tidak banyak, ada saja sejumlah asisten pribadi yang mendapat paparan dari pekerjaan tersebut dan kemudian menjadi terkenal atau memiliki karier sendiri di bidang ini. Satu nama yang fenomenal adalah Kim Kardashian. Beberapa tahun lalu, ia hanya dikenal sebagai sahabat merangkap asisten pribadi Paris Hilton. Sekarang, popularitasnya mungkin jauh melampaui mantan atasannya tersebut.

Di Indonesia sendiri ada Dede Sunandar yang memulai karier sebagai asisten Sule sebelum menjadi host acara musik di televisi.

Apa saja tantangannya?

Seabrek kegiatan yang harus dijalani asisten seleb menuntut mereka untuk memiliki fisik dan mental yang kuat karena mereka harus selalu siap sedia jika dibutuhkan, di mana pun mereka berada. Jika diminta untuk berada di negara lain saat ini juga, mereka pun harus siap untuk segera naik pesawat di saat itu juga.

Kadang kala di hari libur, mereka juga masih harus mendampingi sang artis di belahan dunia lain. Bisa dibilang seorang asisten seleb harus rela meminggirkan kehidupan pribadinya dan menjadikan kenyamanan atasannya sebagai prioritas.

Sisi gelap dari karier ini juga sulit diacuhkan. Sejumlah mantan asisten pribadi pernah menuntut sang artis karena gaji yang tidak dibayar atau perlakuan kasar. Salah satu contohnya adalah model tersohor Naomi Campbell yang pernah terseret ke pengadilan karena dilaporkan telah menyerang asisten pribadinya dengan melempar ponsel ke arahnya.

Nah, masih tertarik?

(tty)

Baca Juga

TOP FAMILY 2: Kepribadian Bisa Dinilai dari Kebiasaan Sederhana Ini, <i>Lho</i>

TOP FAMILY 2: Kepribadian Bisa Dinilai dari Kebiasaan Sederhana Ini, Lho