DIET MAYO DAY 2: Ayam Bakar pun Bisa Dilahap, Ini Syaratnya

DIET MAYO DAY 2: Ayam Bakar pun Bisa Dilahap, Ini Syaratnya

Ayam bakar untuk si pediet mayo (Foto: Shutterstock)

KATA siapa sedang diet tidak boleh makan ayam bakar? Jika pada menu makanan diet mayo menghindari pemakaian gula dan garam, Anda juga bisa mengaplikasikannya saat memasak ayam bakar.

Chef Febrian Wicaksono berbagi trik untuk membuat ayam bakar terhidang lezat di atas meja tanpa penggunaan gula dan garam.

"Kalau kita ngomong untuk diet itu, yang dimaksud menghindari adalah perasa garam dari benar-benar garam dan gula dari tebu, karena untuk diet memang kurang bagus," ungkap pria yang akrab disapa Chef Brian kepada Okezone di Komplek Perkantoran MNC, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin, 17 Oktober 2016.

Tak perlu bingung, bahan-bahan pengganti gula dapat diperoleh secara alami dari sayuran sebagai bumbu penyedap ayam bakar.

"Kita bisa memanfaatkan perasa alami dari bahan-bahan sayuran. Contohnya, kalau untuk manis kita bisa memanfaatkan dari sarinya wortel," imbuh Chef Brian.

Selain sari wortel, rasa manis juga bisa didapatkan dari irisan bawang bombay. Kuncinya, Anda cukup menumis bawang bombay hingga warna kecoklatan.

"Kalau kita tumis atau caramalized. Kita tumis sampai ia berwarna kecoklatan, bukan gosong ya. Jadi, kita makan dan itu rasa manis yang alami, tanpa kita kasih gula maupun garam," tambah pria jebolan Masterchef Indonesia (MCI) Season 2 itu.

Sedangkan rasa asin bisa didapatkan langsung dari ayam yang akan dibakar. Tanpa menggunakan garam, kaldu yang keluar dari sari ayam bisa menambah penyedap rasa dari bumbu ayam bakar.

"Biasanya rasa gurih keluar dari sari-sari atau kita bisa menggunakan kaldu ayam atau kaldu sapi yang benar-benar enggak pakai garam," tutupnya.

(ndr)

Baca Juga

 Larangan <i>Junk Food</i> di Belanda Semakin Gencar

Larangan Junk Food di Belanda Semakin Gencar