TOP FOOD 2: Pengidap Diabetes Boleh Santap 5 Jenis Makanan Ini

TOP FOOD 2: Pengidap Diabetes Boleh Santap 5 Jenis Makanan Ini

Alpukat adalah buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes (Foto: shutterstock)

PARA pengidap diabetes tidak dapat leluasa memilih makanan kesukaan mereka. Pasalnya, jika tidak memerhatikan kandungan gizi yang ada di setiap makanan, hal itu akan berdampak pada peningkatan kadar gula darah.

Peningkatan kadar gula darah dapat berisiko pada kesehatan tubuh seperti kerusakan saraf, pusing, kelelahan, hingga penyakit jantung. Untuk menghindari hal tersebut, yuk, simak 5 jenis makanan yang wajib dikonsumsi para pengidap diabetes, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Senin (17/10/2016).

Apple Cider Vinegar

(Foto: Imizine)

Menambahkan bahan baku ini kedalam makanan Anda, ternyata dapat mengurangi kadar gula darah. Sebuah studi yang dilakukan oleh Arizona State University mengatakan bahwa, para pengidap diabetes dan prediabetes, dianjurkan untuk menambahkan 2 sdm cuka ke dalam setiap makanan mereka, karena dapat mengurangi sensitivitas insulin postprandial yang cukup besar.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi, dengan kadar gula yang cukup rendah. Lemak tak jenuh tunggul dapat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol serta memperlambat tubuh untuk menyerap kandungan gula.

Black Beans

Kacang ini memiliki kandungan protein dan serat yang sangat tinggi. Kedua kandungan tersebut memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Sehingga sangat ideal untuk dikonsumsi para pengidap diabetes. Selain itu, black bean juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tofu yang sangat lezat.

Teh Chamomile

(Foto:Shutterstock)

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa, teh chamomile dapat menjadi alat yang efektif untuk mengatur gula darah. Bahkan, University of Toyama di Jepang telah melakukan sebuah penilitian dengan hasil yang cukup positif. Kadar gula darah seorang pengidap diabetes yang telah diberikan ekstrak teh chamomile, berhasil menurun cukup drastis.

Kayu Manis

Sebuah studi menemukan bahwa, menambahkan setengah sendok teh kayu manis pada makanan diet Anda, dapat membuat sel tubuh lebih responsif terhadap insulin. Hal tersebut disadari, setelah para peneliti melakukan uji coba kepada salah seorang subyek dengan menambahkan kayu manis ke dalam makanannya selama kurang kebih 40 hari.

(hth)

Baca Juga

Tips Membuat Olahan Lezat dari <i>Puff Pastry</i> Beku

Tips Membuat Olahan Lezat dari Puff Pastry Beku