Jangan Terlalu Overprotektif jika Tak Ingin Anak Jadi Manja

Jangan Terlalu Overprotektif jika Tak Ingin Anak Jadi Manja

Pola asuh (Foto: Boldsky)

TUGAS orangtua melindungi dan memastikan keselamatan anak-anak. Tetapi cara yang dilakukan harus tetap seimbang dan tidak berlebihan.

Selalu memperingatkan anak-anak pada bahaya dan memanjakannya bukan hal yang baik untuk masa depan anak. Berikut beberapa cara untuk menghindari overprotektif pada anak dilansir dari About, Selasa (18/10/2016).

Terlalu memanjakan anak

Mungkin Anda tidak tega melihat anak menangis, baik karena diejek maupun habis terjatuh. Namun, bukan berarti Anda harus memanjakannya dengan berlebihan. Peluk dia dan berikan kata-kata yang menenangkan, bukan menjanjikannya dengan makanan atau barang yang ia sukai.

Menentukan persahabatan anak

Orangtua tentu saja ingin melihat anak berada di lingkungan yang baik. Tetapi memilih siapa saja yang bisa berteman dengan anak Anda bukan hal yang baik untuk pertumbuhannya. Jangan hanya karena orangtua anak tersebut adalah teman baik Anda, lantas Anda memaksakan anak untuk berteman dengannya.

Terus memperingatkannya akan bahaya

Menjaga anak-anak terhindar dari bahaya tentu merupakan prioritas sebagai orangtua. Tetapi terus-menerus memperingatkannya justru dapat membuat dia tidak nyaman. Usahakan untuk tidak selalu menggunakan kata "jangan" dan "berhenti" kepada anak-anak hanya untuk menenangkan diri Anda sendiri. Biarkan anak-anak bebas dan melakukan apa yang dia inginkan, karena mereka akan belajar dari kesalahan.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY 3: Belum Juga Ketemu Jodoh? <i>Yuk</i> Berpikir seperti Ini

TOP FAMILY 3: Belum Juga Ketemu Jodoh? Yuk Berpikir seperti Ini