3 Hal Fatal Dilakukan Orangtua Membuat Remaja Jadi Pembangkang

3 Hal Fatal Dilakukan Orangtua Membuat Remaja Jadi Pembangkang

Pola asuh remaja (Foto: )

REMAJA adalah masa di mana anak sedang mencari jati diri dan mencoba memahami setiap peristiwa yang mereka alami. Untuk itu, remaja sangat butuh arahan dan kehadiran orangtua di sisi mereka.

Namun, sering kali perubahan perilaku remaja tidak dipahami orangtua. Sehingga, yang terjadi adalah kesalahpahaman. Hubungan orangtua dengan remaja jadi jauh. Si anak menjadi tertutup dan enggan cerita banyak hal dengan orangtuanya.

Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana, ada beberapa faktor penyebab yang membuat anak malas cerita dan dekat dengan orangtuanya. Berikut paparan psikolog lulusan Universitas Indonesia ini kepada Okezone saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dimarahi

Misalnya, si anak cerita dia berkelahi di sekolah. Belum tuntas anak cerita orangtuanya sudah marah, menuduh anak salah, dan lain sebagainya. Kalau begitu anak menjadi kapok cerita.

Dinterogasi

Banyak orangtua yang tidak sabaran. Ketika anak sedang cerita orangtua lebih galak. Tidak bisa sabar mendengarkan anak, malah mencecar anak seperti menuduh.

Menggurui

Anak itu butuh nasihat. Tapi cara memberikannya bukan seperti menggurui. Apalagi bagi anak remaja yang sudah menggunakan logika berpikir. Sulit bagi remaja menerima nasihat ketika caranya menggurui.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY: Kamar Ideal, Pastikan Ada Benda Ini di Dalamnya

TOP FAMILY: Kamar Ideal, Pastikan Ada Benda Ini di Dalamnya